Hampir 100 Persen Kekuatan TNI AD Dikerahkan Amankan Pelantikan Presiden

Rabu, 9 Oktober 2019 20:39 Reporter : Merdeka
Hampir 100 Persen Kekuatan TNI AD Dikerahkan Amankan Pelantikan Presiden Jenderal Andika Perkasa. ©2019 Merdeka.com/djoko poerwanto

Merdeka.com - Presiden dan Wakil Presiden terpilih yakni Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik 20 Oktober mendatang. TNI Angkatan Darat turut mengantisipasi keamanan jelang dan sampai hari H.

"Yang jelas, kita mengerahkan semua. Jadi kita seluruh jajaran. Walau kita memiliki satuan tempur, biasanya bukan satuan tempur yang dilibatkan, tetapi satuan teritorial. Ini semata-mata untuk kita siap di mana pun itu. Makanya kami inventarisasi. Kalau jumlah, hampir 100 persen kekuatan Angkatan Darat," kata Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa di kantornya, Jakarta, Rabu (9/10).

Dia menuturkan, jumlahnya memang hampir 100 persen kekuatan Angkatan Darat. Walaupun mereka tidak dijadikan stand by force.

"Praktiknya semua fokus ke arah sana. Apakah itu identifikasi, kemudian juga bagaimana berusaha membantu menciptakan kondisi bagus," jelas Andika.

Dia menekankan, semuanya yang menggerakkan tersebut akan dikomandoi oleh Panglima Kodam. "Semua elemen dikerahkan oleh Panglima Kodam," tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menggelar rapat internal dengan seluruh pejabat tinggi AD kecuali Papua, di kantornya. Menurut dia, rapat tersebut membahas situasi terkini. Untuk urusan Papua, sudah langsung ditangani oleh Panglima TNI, Menko Polhukam dan Kapolri.

"Sejak pagi sampai dengan barusan kami semua para pejabat utama di Angkatan Darat, mulai dari Komandan Korem sampai Panglima Kotama itu Para Panglima Kodam, Para Komandan Satuan seperti Komandan Pusdiklat, Komandan Jenderal Kopassus, Panglima Kostrad, kami semua kumpul dalam rangka meng-update situasi terakhir di semua wilayah kecuali di Papua," kata Andika di Mabes AD, Jakarta, Rabu (8/10).

Menurut dia, secara umum perkembangan di wilayah-wilayah Indonesia sudah sangat baik. Namun, ada yang menonjol, yakni akan ada rencana demonstrasi di beberapa daerah.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini