Festival jenang dan ondel-ondel meriahkan HUT Solo ke-268

Sabtu, 16 Februari 2013 11:33 Reporter : Arie Sunaryo
Festival jenang dan ondel-ondel meriahkan HUT Solo ke-268 Festival Jenang Solo. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Hari jadi Kota Solo ke-268, yang jatuh pada tanggal 17 Februari 2013 mendatang, akan dimeriahkan dengan festival jenang atau bubur dan ondel-ondel. Sebanyak 15 ribu porsi jenang dari berbagai jenis akan dibagikan secara gratis dalam festival jenang yang digelar Minggu (17/2) di kawasan Ngarsopuro, Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah tersebut.

Ketua panitia festival jenang, Slamet Raharjo mengatakan, ada banyak jenis jenang yang akan ditampilkan, termasuk beberapa jenis yang sudah langka. Seperti jenang pelok yang menggunakan isi buah mangga, selain itu juga ada jenang merah putih.

"Kita tidak hanya sekadar memperkenalkan kepada masyarakat mengenai jenis jenang atau bubur, tetapi juga memperkenalkan filosofi yang terkandung di dalam makanan tradisional tersebut," ujar Slamet kepada wartawan di Solo, Jumat (15/2).

Menurut Slamet, dalam tradisi Jawa, jenang memiliki makna yang sangat dalam karena sejak dalam kandungan hingga seseorang meninggal, selalu ada makanan jenang dalam semua upacara. Bahkan, jenang tidak hanya sekadar ritual tetapi bisa menjadi produk kuliner yang berbasis budaya.

Panitia, lanjut Slamet, juga akan memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk membuat jenang menjadi lebih kreatif dalam memasaknya, serta higienis dan disesuaikan dengan produk kuliner yang bisa dijual.

"Yang sudah mendaftar ada 150 peserta atau stan yang akan menampilkan berbagai jenis jenang," tambahnya.

Selain festival jenang, peringatan hari jadi Kota Solo ke-268, juga akan diisi dengan karnaval. Berbeda dengan karnaval tahun sebelumnya, dalam acara ini akan ditampilkan ondel-ondel yang merupakan sumbangan dari Jakarta. Karnaval budaya itu akan digelar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi pada Sabtu (16/2). [ren]

Topik berita Terkait:
  1. Solo
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini