Dihadiri Wapres, penutupan PON dikawal 3.500 aparat

Rabu, 28 September 2016 22:55 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Dihadiri Wapres, penutupan PON dikawal 3.500 aparat Pembukaan PON 2016. ©2016 merdeka.com/andrian salam wiyono

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) direncanakan bakal menghadiri penutupan PON XIX/2016 Jawa Barat di Bandung. Sedikitnya 3.500 personel gabungan akan mengawal penutupan kejuaraan empat tahunan tersebut.

Penutupan PON Jabar akan dihelat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung, Kamis (29/9). Sejumlah tamu VIP juga bakal hadir langsung mulai dari Menteri Pemuda Olahraga Imam Nahrawi dan pengurus PB PON Jabar.

"Personel pengamanan yang sudah disiapkan sebanyak 3.500 yang merupakan gabungan dari berbagai pihak," ungkap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus pada wartawan, Rabu (28/9). Personel gabungan terdiri dari kepolisian, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, petugas pemadam kebakaran, hingga Tim SAR.

Pola pengamanan sendiri tidak akan jauh dari skema pengamanan yang dilakukan pada upacara pembukaan. Hanya ada beberapa perbaikan dalam pengaturan agar tidak terjadi penumpukan orang saat pulang. Sebagaimana saat pembukaan, Yusri menjelaskan, terdapat tiga zona pengamanan yang sudah disiapkan. Zona di dalam stadion khusus bagi penonton yang mengantongi tiket serta tiket undangan, zona dua di luar stadion, dan zona tiga di areal parkir hingga rute perjalanan tamu undangan.

"Di areal GBLA dalam keadaan steril dari kendaraan. Seperti pembukaan, petugas sudah menyiapkan kantung-kantung parkir," ujarnya.

Bagi masyarakat yang hendak menonton upacara penutupan, pihaknya mempersilakan dan dipastikan semuanya gratis alias tidak berbayar sama sekali. Hanya saja, Yusri mengimbau agar masyarakat mengambil tiket di tempat-tempat yang sudah disediakan, tentunya menyimpan kendaraan di kantung-kantung parkir yang sudah disediakan.

"Kemungkinan yang datang ke stadion nantinya tidak akan terlalu banyak karena terutama atlet dan official sudah pulang terlebih dahulu. Masyarakat yang mau datang silakan saja. Tidak dipungut biaya. Tapi sore sudah harus di dalam," ujarnya.

Terkait pejabat negara yang nantinya hadir, Yusri menyebutkan, wakil presiden RI Yusuf Kalla direncanakan hadir. Meskipun begitu, tidak ada rekayasa jalan khusus untuk kedatangan orang nomor dua di republik ini. JK rencananya bakal hadir sekitar pukul 19.30 WIB. [hhw]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini