Curi Getah Karet Tetangga, Petani Asal Musi Rawas Digebuki Massa

Senin, 23 November 2020 14:54 Reporter : Irwanto
Curi Getah Karet Tetangga, Petani Asal Musi Rawas Digebuki Massa Ilustrasi borgol. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Mencuri getah karet, Ruslan Effendi (43) digebuki warga hingga babak belur. Pelaku berdalih tak memiliki uang untuk membeli kebutuhan sehari-hari sehingga melakukan kejahatan.

Pelaku mencuri di rumah tetangganya sendiri di Desa Megang Sakti, Musi Rawas, Sumatera Selatan, Jumat (20/11) pukul 22.00 WIB. Pelaku masuk dengan cara merusak pagar bambu di belakang rumah korban dan mengambil sekeping getah karet seberat 40 kilogram. Lalu, pelaku membawanya dengan sepeda motor tanpa nomor polisi ke suatu tempat sebelum dijual.

Keesokan harinya, korban melapor ke polisi dengan harapan pelaku dapat ditangkap. Namun, warga sudah menaruh curiga dengan pelaku sehingga dilakukan pendekatan agar mengakui perbuatannya.

Pelaku justru kabur. Hal itu membuat puluhan warga mengejarnya. Pada saat diamankan, pelaku mengeluarkan sebilah pisau dan mengayunkan ke arah korban.

Massa pun mengepung pelaku dan berhasil ditangkap. Beberapa warga tersulut emosinya sehingga menghajar pelaku. Beruntung, polisi datang ke TKP dan menyelamatkannya dari amukan massa.

Kapolsek Musi Rawas, AKBP Efrannedy mengungkapkan, tersangka masih menjalani pemeriksaan dan penahanan di Mapolsek Megang Sakti. Tersangka mengakui perbuatannya dengan dalih dijual kembali untuk makan keluarga sehari-hari.

"Tersangka dicurigai warga karena gelagatnya berubah setelah getah karet tetangganya hilang. Ternyata benar, dia pelakunya dan melawan saat dikepung warga," ungkap Efrannedy, Senin (23/11).

Tersangka menyesali perbuatannya namun proses hukum tetap berlanjut. Sementara getah karet seberat 40 Kg yang ditaksir senilai Rp280 ribu dijadikan barang bukti, bersama sebilah pisau.

"Kami sangkakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, ancamannya bisa lima tahun penjara," tutupnya. [fik]

Baca juga:
Polisi Tembak Pelaku Pembobolan Rumah di Medan
Rampas Sepeda Motor, Purnawirawan TNI Diamuk Massa
Terlilit Utang, Seorang ASN Ikut Curi Uang dan Surat Penting Milik Anggota DPRD
Polresta Jayapura Kembalikan 138 Sepeda Motor yang Dilaporkan Hilang ke Pemiliknya
Pelaku Pencurian Rumah Kosong di Kalideres Ditangkap Polisi
Komplotan Pencuri Kain Diciduk, Kerugian Capai Rp1,4 Miliar

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pencurian
  3. Palembang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini