Cuaca Buruk, Jadwal Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta Semrawut

Rabu, 12 Desember 2018 20:40 Reporter : Kirom
Cuaca Buruk, Jadwal Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta Semrawut Bandara Soekarno Hatta dipadati pemudik. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Cuaca buruk yang terjadi pada hari ini, Rabu (12/12), membuat kacau jadwal penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta. Sejumlah penerbangan bahkan harus melakukan pengalihan pendaratan (Divert), akibat cuaca yang kurang bersahabat ini.

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang menerangkan, terjadi sejumlah penundaan keberangkatan, kedatangan dan pengalihan pendaratan pesawat selama satu jam lantaran cuaca buruk yang terjadi hari ini.

"Penundaan sempat terjadi pukul 13.30-14.30, karena cuaca buruk dan ada penutupan atau penundaan," jelasnya, Rabu (12/12).

Dia meminta, pengguna jasa transportasi udara untuk tetap sabar dan menanti perkembangan situasi penerbangan yang bergantung pada kondisi cuaca saat ini.

Pihaknya juga akan terus melakukan update dengan sejumlah instansi seperti (BMKG), Air Traffic Control (ATC) dan Air Navigation untuk memastikan kelaiakan penerbangan dari sisi keamanan cuaca.

"Terkait layak terbang itu kan ada di ATC dan otoritas bandara. Itu ditentukan secara situasional dan tidak terprediksi. Kalau memang tak dianjurkan terbang, ya harus dilaksanakan. Karena cuaca ini diluar kemampuan kita," kata Febri.

Febri menjamin, penumpang yang penerbangannya terdampak dari cuaca buruk, tetap mendapatkan haknya sesuai ketentuan berlaku.

Selain itu, pihaknya juga telah menyediakan tempat khusus penumpang yang mengalami penundaan keberangkatan.

"Intinya jangan sampai juga terjadi anarkis gara-gara seperti itu juga tidak boleh. Kita selalu berkordinasi dengan aparat untuk menenangkan penumpang," kata dia.

Pada hari ini, tercatat sejumlah penerbangan Divert untuk rute Domestik dan internasional. Seperti dialami maskapai Garuda Indonesia, Air Asia, Batik Air dan Vietnam Airlines.

Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-567 misalnya, penerbangan dengan rute Kualanamu-Tangerang ini terpaksa mendarat di Semarang.

Hal yang sama juga dialami Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6575, rute Surabaya-Tangerang ini terpaksa mendarat di Semarang.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Grup, Danang Mandala Prihantoro membenarkan sejumlah penerbangan Batik Air yang terpaksa divert.

Hal itu, diakuinya berdasarkan ketentuan yang ditetapkan Otoritas Bandara (notam), karena cuaca buruk yang terjadi di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Namun Danang memastikan, maskapai yang mendarat Divert itu, sudah diberangkatkan kembali menggunakan jadwal keberangkatan terbaru.

"Sudah terbang lagi, sesuai saran dari Air Navigation," ucap dia.

Danang menjelaskan, penerbangan akan mulai berjalan normal kembali, setelah Bandara Soetta dinyatakan aman untuk operasional.

"Intinya kami menjalankan sesuai aturan, tentunya kami mengedepankan keamanan dan keselamatan penerbangan," ucap dia. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini