Buya Syafii Soal Bom Kartasura: Mereka Memakai Agama, Seolah Perintah Tuhan

Rabu, 5 Juni 2019 02:30 Reporter : Purnomo Edi
Buya Syafii Soal Bom Kartasura: Mereka Memakai Agama, Seolah Perintah Tuhan Buya Syafii Maarif. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, angkat bicara mengenai aksi teror bom yang menyasar pos polisi di Kartasura, Jawa Tengah, Senin (3/6). Menurut Buya Syafii, pelaku bom tersebut merupakan orang kalap.

"(Pelaku pengeboman) Orang-orang yang kalap. Kita sedih mereka memakai agama. Seakan-akan itu perintah Tuhan. Saya katakan Islam lahir, atau agama pada umumnya, untuk membangun peradaban, bukan kebiadaban," ujar Buya Syafii, Selasa, (4/6).

Buya Syafii menerangkan, jika pelaku pemboman di Kartasura dipengaruhi oleh ideologi impor saat melakukan aksinya. Ideologi impor ini disebut Buya Syafii sudah tak laku di berbagai negara namun justru laku di Indonesia.

"Terpengaruh ideologi impor saya katakan (kemungkinan) iya. Di negara asalnya (ideologi yang dianut oleh pengebom di Kartasura) berantakan. Tapi di sini laku. Itu aneh," ungkap Buya.

Guru besar sejarah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini mengungkapkan jika pelaku teror bom di Kartasura terpengaruh oleh media sosial. Buya Syafii meminta agar masyarakat menggunakan akal sehat dalam menelaah unggahan media sosial.

"(Masyarakat) Pakai akal sehat. Jangan terpengaruh medsos yang isinya sangat liar sekali," ucap anggota Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP).

Tokoh senior Muhammadiyah ini berharap agar semua pihak bisa menahan diri. Buya Syafii pun meminta agar jangan sampai ada provokasi yang memicu terjadinya gangguan keamanan nasional.

Buya menambahkan, agar petugas keamanan selalu dalam keadaan waspada. Termasuk waspada pada penumpang gelap yang punya keinginan memecah belah bangsa. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini