KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Bupati Ni Putu Eka berbagi kunci sukses pembangunan di Tabanan

Selasa, 4 Juli 2017 18:03 Reporter : Hery H Winarno
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Bupati Tabanan Bali Ni Putu Eka Wiryastuti mendapatkan penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) beberapa waktu lalu. Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti mendapat penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara kategori Kabupaten dengan perencanaan terbaik.

Anugerah Pangripta Nusantara merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang memiliki perencanaan pembangunan terbaik dan dinilai sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerah. Ni Putu Eka Wiryastuti berharap dengan prestasi yang diraih oleh Kabupaten Tabanan sebagai Kabupaten terbaik dalam hal perencanaan pembangunan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Bupati Ni Putu Eka, perencanaan adalah kunci sukses dalam membangun sebuah daerah. "Kuncinya adalah perencanaan. Akan kita bawa ke mana Tabanan ini? Kita ingin membangun infrastruktur misalnya, atau mengangkat sumber pendapatan kita. Tapi kita tidak mau banyak rencana. Kita tentukan 3 prioritas. Tiga hal itu akan terlihat. Tetapi rencana harus mengena, implementasinya juga harus dirasakan oleh rakyat langsung. Rakyat terbantu tidak, itu kuncinya," ujar Ni Putu Eka kepada merdeka.com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti ©2017 Merdeka.com

Setelah rencana dijalankan, Ni Putu Eka memimpin langsung evaluasi program tersebut. Evaluasi menjadi penting untuk mengetahui apakah program itu sukses atau tidak. Selain itu juga untuk mengetahui keberlanjutan dari sebuah program.

"Istilahnya kita nilai, apakah program itu sudah baik. Apakah tahun depan bisa dilanjutkan atau baru bisa dirasakan manfaatnya dalam 3 atau 5 tahun. Kalau perencanaan sudah bagus sudah sesuai visi misi yang pro rakyat kita lanjutkan. Program itu ujungnya nanti adalah mensejahterakan rakyat," ujarnya.

Dalam bidang ekonomi kreatif misalnya, program unggulan dari Kabupaten Tabanan adalah badan usaha milik desa (Bumdes). Melalui Bumdes, pemerintah memberikan modal dan pelatihan wirausaha kepada masyarakat khususnya petani, karena profesi mayoritas masyarakat Tabanan adalah petani.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti ©2017 Merdeka.com


Bumdes ini akan menjadi jembatan antara masyarakat dengan badan umum milik daerah (BUMD). Diharapkan masyarakat dapat menghasilkan produk yang berkualitas disertai dengan pemasaran yang baik. Program lainnya adalah desa pariwisata. Pemkab Tabanan saat ini sedang fokus pada pembangunan infrastruktur, sehingga jalan-jalan penghubung sentra ekonomi rakyat sangat diperhatikan.

Tetapi untuk dapat menyusun rencana program kerja yang baik dibutuhkan insting dan pemantauan langsung di lapangan. Hal inilah yang membuat perencanaan di Kabupaten Tabanan sukses. Bupati Ni Putu Eka selama ini sering turun ke lapangan bertemu dengan masyarakat untuk menyerap aspirasi dan keinginan warga.

"Saya punya insting dan insting itu penting. Kedua saya orang lapangan. Saya lebih banyak di lapangan. Saya lebih banyak di sawah, kebun atau lihat warga yang jompo, yatim piatu dan sebagainya. Makanya banyak program saya yang gempur kemiskinan. Saya banyak bertemu rakyat mendengar dan sosialisasi dengan mereka. Ketiga ada musrembang dari kecamatan sampai kabupaten untuk menyerap aspirasi masyarakat. Keempat saya ikuti pola nawacita juga bagaimana kita bersinergi mengedepankan program pro rakyat," ujarnya.

Keberhasilan Tabanan juga tidak hanya dalam hal perencanaan dan pembangunan, dalam menciptakan kerukunan umat beragama Bupati Eka juga sukses. Hal ini bisa dilihat dari penghargaan Harmony Award yang diberikan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia kepada Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti ©2017 Merdeka.com

Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, menyebutkan penghargaan ini diberikan kepada Kepala Daerah yang dianggap berkontribusi luar biasa, dan terbaik dalam memberikan pelayanan kerukunan umat beragama. Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti menyebutkan bahwa dirinya sangat bersyukur dinilai berhasil dalam menjaga kerukunan umat beragama di Tabanan. [hhw]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.