BPOM & polisi gerebek pabrik kosmetik ilegal omzet ratusan juta di Pademangan, Jakut

Rabu, 28 Maret 2018 20:50 Reporter : Liputan6.com
BPOM & polisi gerebek pabrik kosmetik ilegal omzet ratusan juta di Pademangan, Jakut Barang bukti kosmetik ilegal. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah rumah di Gang 26 Pademangan Jakarta Utara digerebek badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bersama anggota Ditreskrimsus Polda Metro. Ruma tiga lantai itu diduga dijadikan pabrik kosmetik tanpa ijin edar.

Penggerebekan berjalan lancar tanpa ada perlawanan. Dari informasi dihimpun, terduga pemilik dan pekerja tidak ada di tempat. Namun sejumlah bahan kimia seperti Asam Stearic, mesin pencampur, pencetak, hingga kemasan kosmetik ditemukan di lokasi.

"Kosmetik kita temukan di sini ada sabun kecantikan, seperti sabun pemutih dan sabun temulawak," kata Kepala BBPOM DKI Jakarta Sukriadi Darma di lokasi, Rabu (28/3/2018).

Sukriadi melanjutkan, dari temuan di lokasi, proses produksi dilakukan di lantai dua. Untuk lantai satu biasanya produk yang akan diedarkan sudah dalam kemasan. Sementara di lantai tiga dijadikan sebagai penyimpanan alat cetak.

"Taksiran sementara pabrik ini beromzet ratusan juta. Ini dilihat dari banyaknya jenis produk yang diproduksi," ujar dia.

Sukriadi menuturkan, pemilik saat ini tengah dalam pengajaran. Menurut dia, pemilik bisa dijelaskan dengan Undang-undang kesehatan nomor 36 tahun 2009.

"Tentu kalau kita dalam pengujian ada barang yang berbahaya melanggar pasal 196 yang hukumannya 10 tahun penjara plus denda 1 miliar. Atau tanpa ijin edar ini sebenarnya melanggar pasal 197 uu kesehatan no 36 tahun 2009 yang ancaman hukumannya 15 tahun penjara," beber dia.

Reporter: Moch. Harunsyah

Sumber: Liputan6.com [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kosmetik Ilegal
  3. Jakarta
  4. Sidak BPOM
  5. BPOM
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini