Bobol 10 Minimarket di Sejumlah Daerah, Komplotan Pencuri Digulung Polres Bogor

Senin, 26 September 2022 23:00 Reporter : Rasyid Ali
Bobol 10 Minimarket di Sejumlah Daerah, Komplotan Pencuri Digulung Polres Bogor Bobol 10 Minimarket di Sejumlah Daerah, Komplotan Pencuri Digulung Polres Bogor. ©2022 Merdeka.com/Rasyid Ali

Merdeka.com - Polres Bogor menangkap lima orang pencuri spesialis pembobol minimarket yang kerap beroperasi di wilayah Kabupaten Bogor, Bekasi hingga Sukabumi. Empat di antaranya merupakan residivis.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengungkapkan, berdasarkan keterangan para tersangka, mereka telah 10 kali membobol minimarket.

"Dari keterangan para tersangka, mereka sudah 10 kali membobol mini market di Bogor, Bekasi dan Sukabumi. Dilakukan secara bersama-sama," kata Iman dalam keterangan persnya, Senin (26/9).

2 dari 3 halaman

Modus Lubangi Tembok

Menurut Iman, para pelaku masuk ke minimarket yang sudah sepi atau tutup dengan cara melubangi tembok. Mereka lalu mengambil barang-barang yang ada di dalam minimarket serta brankas penyimpanan uang.

"Mereka masuknya dengan cara menjebol tembok. Jadi mereka lubangi dinding belakang, kemudian sebagian memantau situasi dan sebagian masuk mengambil barang-barang di dalam. Jadi mereka melihat sisi mana yang gelap lalu dijebol menggunakan linggis," jelas Iman.

Iman mengimbau pengelola minimarket agar meningkatkan keamanan tokonya dengan memberdayakan masyarakat lingkungan sekitar toko, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wilayahnya.

3 dari 3 halaman

Pelaku Terancam 7 Tahun Penjara

Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo DC Tarigan menerangkan, sebelum beraksi, komplotan ini mengintai toko-toko yang kondisinya sepi. Mereka lalu membobolnya untuk mengambil uang dalam brankas.

"Mereka bisanya beraksi dini hari. Kalau tidak menemukan uang. Mereka mengambil barang-barang. Lalu dari keterangan mereka barang-barang didapatkan dijual kembali ke warung-warung biasa," kata Siswo.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pidana Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. [yan]

Baca juga:
Modus Dendam, Mantan Karyawan di Denpasar Merampok Minimarket
Pencuri Nekat Bobol Minimarket Dekat Kantor Polisi di Tasikmalaya
Siram Bensin & Ancam Bakar Kasir, Perampok Gasak Uang Rp4,1 Juta Minimarket di Jaktim
Polres Jaktim Tangkap Pelaku Perampokan Minimarket di Otista Raya
Perampok Bersenpi Satroni Alfamart di Bekasi, Dua Karyawan Diikat
Minimarket di Jatinegara Disatroni Rampok Bersenjata Api, Polisi Buru Pelaku

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini