Bima Arya Mengaku Dihubungi Nomor Tidak Dikenal Terkait Keberadaan Rizieq di RS UMMI

Rabu, 14 April 2021 11:44 Reporter : Bachtiarudin Alam
Bima Arya Mengaku Dihubungi Nomor Tidak Dikenal Terkait Keberadaan Rizieq di RS UMMI Bima Arya. Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Wali Kota Bogor Bima Arya mengaku mendapat informasi dari nomor tidak dikenal terkait keberadaan Habib Rizieq Syihab, yang sedang dirawat di Rumah Sakit UMMI Bogor. Hal tersebut terungkap saat Bima Arya dihadirkan sebagai saksi dalam sidang perkara hasil tes swab Rizieq di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Saat ditanya oleh hakim ketua MH Khadwanto, Bima menjelaskan kronologi yang diketahuinya soal kasus yang menimpa Rizieq dalam perkara ini.

Bima mengatakan kejadian itu bermula pada Kamis, 26 November 2020. Dia mendapatkan informasi terkait keberadaan Rizieq yang sedang jalani perawatan di RS UMMI Bogor. Atas hal itu, dia kemudian menggelar rapat dengan Kadinkes Bogor hingga Forkopimda setempat.

"Kami membahas langkah-langkah terkait dengan pencegahan penanggulangan Covid-19 di Kota Bogor saat itu. Karena kasus sedang terus meningkat jadi kami harus mengambil langkah-langkah yang strategis dan cepat," kata Bima dalam persidangan, Rabu (14/4).

Majelis hakim kemudian mempertegas pernyataan Bima. Hakim bertanya soal informasi dari mana Bima dapatkan terkait keberadaan Rizieq jalani perawatan di RS UMMI. Bima pun merespons memberikan jawaban.

"Informasi dari pusat dari nomor yang tidak saya kenal. Bahwa ada keberadaan Habib Rizieq Syihab di kota Bogor tepatnya yaitu di RS UMMI," tutur Bima.

Namun Bima dalam persidangan tidak merinci soal informasi dari nomor tak dikenal tersebut. Bima hanya menjelaskan, usai mendapatkan informasi tersebut, dia melakukan koordinasi kepada Dirut RS UMMI Andi Tatat.

Lebih lanjut, Bima kembali menegaskan ketika ditanya Kuasa Hukum Rizieq bahwa dirinya tidak mengetahui siapa yang memberi informasi kepada dirinya melalui pesan singkat terkait keberadaan Habib Rizieq.

"Tadi saudara bilang mendapatkan informasi Habib Rizieq itu bagaimana saudara bisa mendapatkan informasi itu?" tanya kuasa hukum.

"Itu tiba-tiba saja ada nomor yang tak dikenal mengubungi saya, belum saya save dan dia memberitahu keberadaan Habib Rizieq. Lalu saya langsung koordinasi ke Dinkes," jawabnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini