Berusia 131 tahun, Mercusuar buatan Belanda di Semarang masih kokoh

Selasa, 20 Januari 2015 07:15 Reporter : Muhammad Hasits
Mercusuar Williem III. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Dibangun sejak 1884, mercusuar di Pelabuhan Tanjang Emas Semarang Jawa Tengah masih kokoh berdiri. Usianya sudah 131 tahun.

Tim dari merdeka.com dan Portrait of Indonesia, Senin (19/1) melihat dari dekat mercusuar tersebut. Terbuat dari baja, mercusuar ini menjulang tinggi sekitar 30 meter.

Mercusuar bercat putih itu sudah menjadi pemandu puluhan tahun bagi para pelaut. Perannya sangat vital bagi pelaut yang hendak berlabuh di pelabuhan Tanjung Emas. Namanya Mercusuar Willem III.



"Saat ini mercusuar masih berfungsi dengan baik. Tiap hari 5 petugas secara bergantian menjaga mercusuar untuk memandu pelaut," kata petugas sarana navigasi pelayaran pelabuhan Tanjung Emas Januri.

Mercusuar yang dibangun pada pemerintah kolonial Belanda ini satu-satunya di Jawa Tengah. "Kami hanya merawatnya saja, dibersihkan dengan baik setiap hari," ujarnya.

Jangkauan cahaya mercusuar ini sejauh 20 mil. Dari menara ini sanggup memancarkan sinyal cukup untuk memandu para pelaut yang akan memasuki pelabuhan.

Kala itu Semarang menjadi kota pengekspor gula ke luar negeri. Fungsi Pelabuhan Tanjung Emas menjadi tempat berlabuh kapal-kapal besar dari berbagai negara. Pada masa itu, Semarang sudah menjadi penghasil gula nomor 2 di dunia.

Mercusuar Willem III kala itu dibangun untuk memfasilitasi lalu lintas armada kapal-kapal VOC yang memasuki pelabuhan. Belanda saat itu juga membangun gudang-gudang di sekitar serta membangun secara apik pelabuhan Tanjung Emas agar bisa disinggahi kapal-kapal besar.



Sekarang ini, mercusuar secara resmi dikelola oleh pemerintah di bawah Kementerian Perhubungan. Mercusuar Willem III juga menjadi saksi bisu bahwa Semarang tumbuh menjadi kota berniaga berkat berkembangnya Pelabuhan Tanjung Emas. [ian]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.