Bertemu Mahfud MD, AMSI Bicara Memerangi Hoaks

Rabu, 27 November 2019 15:25 Reporter : Merdeka
Bertemu Mahfud MD, AMSI Bicara Memerangi Hoaks Ketua AMSI Wenseslaus Manggut. ©2019 Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menyambangi kantor Menko Polhukam Mahfud MD, Rabu (27/11). AMSI melakukan pertemuan secara tertutup dengan Mahfud MD.

Usai pertemuan, Ketua AMSI Wenseslaus Manggut mengatakan, salah satu pembicaraan dengan Mahfud terkait ekosistem digital Indonesia. Salah satu fokus perhatian AMSI adalah menyebarnya hoaks.

AMSI sudah melakukan berbagai langkah memerangi hoaks. Salah satunya kerja sama media siber dengan menghadirkan platform cek fakta. Sehingga media-media bisa memberikan informasi yang valid ke publik untuk menepis isu hoaks yang berkembang.

"Cek fakta ini sedang bikin pelatihan dari AMSI dan dengan media, di daerah-daerah. Hampir semua daerah oleh pengurus AMSI sudah dibuat pelatihannya. Dan sekarang sedang latihan di Jakarta," kata Wenseslaus di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (27/11).

1 dari 1 halaman

Banyak Hoaks Menyebar di WhatsApp

Pria yang akrab disapa Wens ini juga mengungkapkan rencana meluncurkan platform cek fakta versi aplikasi WhatsApp. Alasannya, kebanyakan hoaks beredar melalui platform tersebut.

"Kita ada fiturnya, cek fakta, lewat sini (WhatsApp). Kalau publik ragu benar atau enggak. Cek saja faktanya di fitur kita," ungkap Wenseslaus.

Menurut Wens, rencana AMSI disambut baik Mahfud MD. AMSI juga memberikan catatan untuk pemerintah.

"Satu diproses klarifikasi, ini hoaks apa enggak, mestinya ini lebih mudah jika kita bekerja sama dengan pemerintah, kerja sama dengan Kepolisian, kerja sama dengan Pemerintah Daerah, sehingga teman-teman media mau klarifikasi, ada platformnya untuk klarifikasi," jelas Wenseslaus.

Pemegang otoritas perlu ikut ambil bagian. Sehingga lebih mudah bagi publik memperoleh penjelasan. "Jadi lebih mudah kita sampaikan ke publik. Ini hoaks, dan lebih cepat."

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [noe]

Baca juga:
Polri: Satu Batalyon Pasukan Bakal Kalah Sama Satu Narasi
Cara Mudah Kenali Konten Hoaks, Sudah Tahu?
Tangani Kejahatan Siber dan Hoaks, Polri Dinilai Perlu Bentuk Badan Khusus
Waspadai Maraknya Info Hoaks dan Intoleransi di Media Sosial
BPIP: Penyebaran Hoaks Lemahkan Nilai Pancasila
Ratna Sarumpaet Kini Menghuni Lapas Perempuan Pondok Bambu

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini