Bertemu Kongres AS, PKS Suarakan Pembelaan HAM ke Palestina Hingga Muslim Uighur

Jumat, 21 Desember 2018 23:05 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Bertemu Kongres AS, PKS Suarakan Pembelaan HAM ke Palestina Hingga Muslim Uighur Fraksi PKS bertemu Anggota Kongres AS. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini dan Sekretaris Fraksi PKS Sukamta mendampingi Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-jufri melakukan lawatan ke Amerika Serikat untuk sejumlah agenda kunjungan kerja resmi Fraksi PKS. Delegasi diantaranya bertemu dengan Anggota Senior Kongres AS David Price di Kantor Kongres AS (Kamis siang, 21/12).

Pertemuan ini membahas berbagai topik tentang penguatan kerjasama dua negara terkait parlemen dan Fraksi PKS. Selain itu, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini juga menyampaikan kepedulian PKS terhadap sejumlah isu hak asasi manusia di dunia khususnya yang terjadi di Palestina, Rohingnya dan Uighur di Cina.

"Hari ini kami menemui Anggota Senior Kongres AS David Price dan menyampaikan langsung keinginan untuk meningkatkan kerjasama bilateral antarparlemen Indonesia-AS. Secara khusus Fraksi PKS membuka diri untuk kerjasama peningkatan kualitas demokrasi dalam area kepartaian dan keparlemenan dan mengundang beliau untuk hadir ke Indonesia dalam acara konsolidasi Anggota Legislatif Nasional PKS pada Januari 2018," kata Jazuli dalam keterangan tertulis, Jumat (21/12).

Jazuli juga menyerukan AS untuk berperan aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia, pembelaan hak asasi manusia dan rakyat tertindas di berbagai belahan dunia seperti yang saat ini terjadi di Palestina, etnis Rohingnya dan minoritas muslim Uighur di Cina.

"Tanpa bermaksud mengintervensi politik luar negeri Pemerintah AS kami mengharap kesamaan agenda dalam upaya mempromosikan dan mewujudkan perdamaian dunia, pembelaan HAM," ujarnya.

"Dan pembebasan rakyat yang masih terjajah atau tertindas di berbagai belahan dunia khususnya terhadap rakyat Palestina, etnis Rohingnya di Myanmar, dan minoritas muslim di Uighur Cina. Kami suarakan kemerdekaan penuh Palestina dan kebebasan hak asasi manusia bagi etnis Rohingnya dan minoritas muslim Uighur di Cina," sambung Jazuli.

Anggota Komisi I DPR Dapil Banten ini beranggapan dalam mewujudkan tata dunia yang aman dan damai diperlukan tanggung jawab kolektif seluruh bangsa di dunia termasuk Indonesia dan AS. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini