Berberes-beres lemari, warga Solo temukan granat dan amunisi

Sabtu, 5 Mei 2018 00:13 Reporter : Arie Sunaryo
Berberes-beres lemari, warga Solo temukan granat dan amunisi Granat dan Amunisi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah granat dan amunisi ditemukan Krismas Irmono (52), saat membersihkan almari ayahnya yang baru meninggal beberapa pekan lalu. Warga Jalan Markisa V, Karangasem, Laweyan Solo tersebut mendapati granat dan amunisi di almari kamar almarhum ayahnya, PC Soemarno Broto Koesoemo yang merupakan pensiunan TNI AL.

"Beberapa hari lalu saya bersih-bersih almari di kamar bapak saya. Ternyata ada granat dan amunisi yang masih terbungkus tas kecil. Kemudian saya laporkan ke polis," ujar Krismas saat ditemui di rumahnya, Jumat (4/5).

Krismas mengatakan, keluarganya memang sengaja membersihkan almari dan kamar ayahnya. Hal tersebut dilakukan menjelang peringatan 40 hari kematian ayahnya.

Namun ia tak mengira menemukan granat dan amunisi saat membuka almari kamar almarhum ayahnya. Granat jenis nanas dan 13 buah amunisi tersebut kemudian ia pindahkan ke meja.

"Saya perkirakan masih aktif, takutnya nanti kenapa-kenapa. Dan saya lansung menghubungi kepolisian," katanya.

Sementara itu Kapolsek Laweyan, Kompol Santoso membenarkan adanya temuan itu. Sekitar pukul 10.00 WIB pihaknya menerima laporan dari anggotanya terkait penemuan granat nanas dan belasan amunisi di rumah warga.

"Sudah dilakukan pemeriksaan ke lokasi ternyata benar, ada granat nanas masih aktif dan beberapa amunisi," jelasnya.

Lebih lanjut Kapolsek menerangkan, saat ditemukan granat tersebut ditaruh di dalam tas berwarna hijau dan berisi satu buah bungkus rokok warna biru. Bungkus rokok tersebut berisi 5 butir amunisi Pistol cal 45 mm, 7 butir amunisi Pistol CIS, dan 1 butir amunisi senapan mauser/LA cal 7,62 mm.

"Granat ini sudah menemukan barang tersebut beberapa waktu yang lalu. Karena saksi tidak tahu harus melapor kemana maka baru dilaporkan hari ini ke Polresta Surakarta," urai Kapolsek.

Menurut Kapolsek, saat ini barang bukti tersebut sudah diserahkan Tim Jibom Gegana Sat Brimob Detasemen C Pelopor dan dibawa ke Polsek Laweyan. Menurut rencana granat tersebut akan dimusnahkan. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Granat
  2. Penemuan Bom
  3. Surakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini