Baru 200 Kubik Sampah Bambu Diangkat dari Sungai Cikeas Bekasi

Selasa, 15 Oktober 2019 22:03 Reporter : Adi Nugroho
Baru 200 Kubik Sampah Bambu Diangkat dari Sungai Cikeas Bekasi Baru 200 Kubik Sampah Bambu Diangkat dari Sungai Cikeas. ©2019 Merdeka.com/Adi Nugroho

Merdeka.com - Tim gabungan baru mengangkat sekitar 200 kubik sampah bambu dari Sungai Cikeas di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Tak ada akses untuk alat berat menjadi kendala utama proses pembersihan sampah di sungai alam tersebut.

Camat Jatiasih, Nesan Sujana mengatakan, sampah yang diangkat dari Sungai Cileungsi sudah mencapai delapan truk. Selanjutnya, sampah dibuang ke TPA Sumur Batu di Kecamatan Bantargebang.

"Pemerintah tengah berupaya untuk memasukkan alat berat ke lokasi tumpukan sampah," katanya pada Selasa (15/10).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, alat berat dibutuhkan untuk mempercepat pengangkatan sampah bambu. Sebab, jika hanya diangkat secara manual, bisa memakan waktu selama sebulan.

Sementara itu, jika alat berat diturunkan, ada risiko beberapa tanggul perumahan harus dibongkar. Menurut Rahmat, pemerintah menjamin tanggul-tanggul yang dibongkar untuk akses alat berat segera diperbaiki.

"Nanti kita perbaiki, karena sampah-sampah ini harus segera diangkat," ujar Rahmat.

Ketua Komunitas Peduli Sungai Cikeas-Cileungsi, Puarman memberikan solusi supaya sampah digelontorkan ke hilir supaya lebih cepat. Adapun pengangkatan sampah dari sungai berada di titik yang dapat dijangkau alat berat seperti di kawasan Kemang Pratama.

"Tidak usah membongkar tanggul, karena kekuatan tanggul perbaikan tidak sekuat yang orisinil," ujar dia. [noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini