Bambang Soesatyo Mengenang Harmoko: Menteri Muncul di TV, Umumkan Harga Bahan Pokok

Minggu, 4 Juli 2021 22:20 Reporter : Merdeka
Bambang Soesatyo Mengenang Harmoko: Menteri Muncul di TV, Umumkan Harga Bahan Pokok harmoko. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Mantan Menteri Penerangan era orde baru, Harmoko meninggal dunia, Minggu (4/7). Harmoko menghembuskan nafas terakhir pada usia 82 tahun di RSPAD Jakarta Pusat.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo menyamapaikan ungakapan belasungkawa atas wafatnya Harmoko.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Partai Golkar kehilangan kembali putra terbaiknya Bapak Harmoko bin Asmoprawiro yang berpulang pada hari Minggu 4 Juli jam 20:22 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. Semoga husnul khotimah," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (4/7).

Partai Golkar sangat kehilangan atas kepergian Harmomo. "Jujur, kami semua merasa kehilangan," ujar dia.

Di mata Bambang, Harmoko adalah sosok yang memiliki semangat hidup luar biasa. Sepengetahuannya, Harmoko sudah menderita sakit sejak beberapa tahun lalu. Namun semangat hidupnya luar biasa.

"Beliau masih kerap rajin hadir di acara-acara besar Golkar walaupun harus duduk di kursi roda," ujar dia.

Harmoko merupakan politikus senior. Guru sekaligus panutan banyak kader Partai Golkar.

"Beliau pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan Indonesia pada masa Orde Baru. Ia juga pernah menjadi Ketua MPR pada masa pemerintahan B.J Habibie," ucap dia.

Ketua MPR ini mengaku kagum dengan kepribadian Harmoko. Apalagi saat menjadi pejabat negara. Menurut Bambang, di era beliaulah harga-harga kebutuhan pokok rakyat terkendali karena kerap diumumkan.

Bahkan setiap hari tidak pernah terlewatkan, Harmoko muncul di televisi mengumumkan harga-harga kebutuhan pokok rakyat. Seperti harga cabe keriting dan lain-lain. Ini untuk mencegah para spekulan bermain.

"Perjalanan hidupnya luar biasa," ujar dia.

Harmoko salah satu menteri di era orde baru yang punya perjalanan karir moncer. Pria kelahiran 7 Februari 1939 di Kertosono, Nganjuk, Jawa Timur, ini pernah menduduki berbagai kursi penting di negeri ini. Dimulai dari kursi Menteri Penerangan pada periode 1983-1997. Lalu menjadi Ketua DPR pada 1997-1999. Kemudian menjadi ketua MPR pada periode yang sama.

Dia menjadi Ketua MPR ke-10 dan Ketua DPR ke-12. Saat menjadi menteri di kabinet Presiden Soeharto, Harmoko merupakan Menteri Penerangan Indonesia ke-22. Harmoko juga tercatat sebagai Ketua Umum Golongan Karya (Golkar) ke-6.

Reporter: Ady Anugrahadi [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini