Amien Rais: Jangan Biarkan Papua Lepas Karena Ditangani Secara Amatiran

Selasa, 3 September 2019 15:06 Reporter : Sania Mashabi
Amien Rais: Jangan Biarkan Papua Lepas Karena Ditangani Secara Amatiran Amien Rais. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengingatkan agar pemerintah tidak melepas Papua. Sebab kata dia, jika Papua lepas dari Indonesia akan membuat daerah lain ingin merdeka juga dari Indonesia.

"Tetapi tetap ya jangan pernah kita biarkan saudara-saudaraku, Papua dan Papua Barat lepas karena ditangani secara amatiran," kata Amien dalam di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9).

Oleh karena itu, Amien berharap Papua tidak pernah terpisah dari Indonesia. Sehingga tak ada efek domino juga yang terjadi akibat lepasnya Papua.

"Saya khawatir, mudah-mudahan tidak terjadi. Kalau sampai Papua lepas kira-kira ada efek domino yang luar biasa. Nanti Aceh juga ingin, Pasundan juga ingin, negara Batavia dan Banten jadi satu. Kemudian wassalam warohmatullahi wabarokatu," ucapnya.

Diketahui, beberapa wilayah di Papua bergejolak. Seperti di Manokwari, Jayapura sampai kerusuhan yang terjadi di Deiyai, Papua. Kerusuhan ini menyebabkan beberapa fasilitas umum rusak hingga korban jiwa.

Meski demikian, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan situasi Papua kini sudah kondusif dan aman. Kapolri pun membeberkan fakta-fakta penting penyebab kerusuhan Papua.

Diantaranya karena berita hoaks, penyerangan TNI dan Polri di Deiyai, penghinaan mahasiswa Papua di Jawa Timur. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini