Ahmad Dhani Belum Kembalikan Formulir Pendaftaran Cawali Surabaya ke Gerindra

Jumat, 15 November 2019 17:13 Reporter : Erwin Yohanes
Ahmad Dhani Belum Kembalikan Formulir Pendaftaran Cawali Surabaya ke Gerindra Ahmad Dhani. ©2018 KapanLagi.com

Merdeka.com - DPC Partai Gerindra memastikan hingga hari terakhir pendaftaran calon wali kota di Surabaya, musisi Ahmad Dhani atau bernama asli Dhani Ahmad Prasetyo belum mengembalikan formulir pendaftaran yang diambil oleh relawannya.

Meski demikian, kesempatan Ahmad Dhani belum tertutup lantaran pendaftaran dapat dilakukan langsung melalui Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra.

Ketua DPC Partai Gerindra BF Sutadi mengatakan, setidaknya sudah ada 5 orang yang mengembalikan formulir pendaftaran di kantor DPC Partai Gerindra. Sayangnya, Sutadi tak menjelaskan secara rinci siapa saja yang telah mengembalikan formulir pendaftaran tersebut.

"Sampai saat ini sudah 5 orang yang mengembalikan formulir pendaftaran," ujarnya di kantor DPC Partai Gerindra Surabaya, Jumat (15/11).

Dikonfirmasi mengenai Ahmad Dhani apakah sudah mengembalikan formulir yang diambilkan oleh para relawannya, Sutadi mengatakan, hingga kini suami dari Mulan Jameela tersebut belum mengembalikannya.

"Ahmad Dhani sampai hari ini belum mengembalikan formulir," tambahnya.

1 dari 3 halaman

Pendaftaran Ditutup

Dengan ditutupnya hari pendaftaran, secara normatif sudah tidak ada lagi yang akan melakukan pendaftaran. Namun ia menjelaskan, masa pendaftaran pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang ditetapkan KPU baru, diundur hingga 16-18 Juni 2020 mendatang. Artinya masih ada jangka waktu yang panjang untuk melakukan pendaftaran.

Dengan mundurnya jadwal tersebut, tidak menutup kemungkinan pula partainya juga akan membuka kembali pendaftaran yang telah ditutup hari ini. Namun, semuanya akan diserahkan ke DPP.

"Ini kan KPU jadwal pendaftaran kan mundur dari April sampai Juni. Ini akan berpengaruh pada partai-partai," katanya.

2 dari 3 halaman

Ada Peluang Lewat DPP

Ditanya soal kemungkinan Ahmad Dhani mendaftar lewat DPP Gerindra, Sutadi menjelaskan, jika sesuai dengan petunjuk teknis partai harusnya melalui DPC. Namun, ada klausul yang menyatakan bahwa DPP pula lah yang nantinya memutuskan siapa yang dapat maju bertarung dalam pemilihan wali kota 2020 mendatang di Surabaya. Keputusan akhir itulah yang akan menentukan soal maju tidaknya Dhani.

"Keputusan terakhir adalah DPP. Jadi mungkin saja (peluang Dhani). Semuanya masih mungkin, masih terbuka," kata dia.

3 dari 3 halaman

Ahmad Dhani Berniat Jadi Wali Kota

Sebelumnya, musisi Ahmad Dhani Prasetyo dikabarkan ikut maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Surabaya. Sebab, formulir pendaftaran untuk maju sebagai kepala daerah melalui Partai Gerindra benar-benar telah diambil oleh relawannya.

Seseorang bernama Hariyadi Nugroho mengakui dirinya telah mengambilkan formulir untuk Ahmad Dhani di kantor DPC Partai Gerindra Surabaya. Ia mengaku telah diutus Dhani untuk mengambil formulir tersebut.

"Memang saya mengambil formulir ke kantor DPC (Gerindra) Surabaya. Beberapa waktu yang lalu saya diutus Mas Dhani untuk mengambil formulir tersebut untuk mas Dhani," kata Hariyadi di Kantor DPC Gerindra, Jumat (1/11).

Hariyadi juga mengatakan, bahwa formulir itu telah dikirimkan dan disampaikan langsung ke Dhani, yang tengah mendekam LP Cipinang, Jakarta. "Kita sampaikan langsung ke Jakarta," tegasnya

Ahmad Dhani diketahui merupakan salah satu mantan calon legislatif DPR RI dari Partai Gerindra, di daerah pilih Jawa Timur I, meliputi Surabaya dan Sidoarjo, pada Pileg 2019 lalu. Namun ia tak lolos ke Senayan, lantaran perolehan suaranya tertinggal jauh dari suara Caleg Dapil Jatim I lainnya.

Dhani kini diketahui tengah menjalani hukuman pidana lantaran divonis bersalah dalam sejumlah kasus. Kasus pertama yang membelitnya adalah ujaran kebencian melalui cuitan akun twitternya.

Dalam kasus itu Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Dhani divonis selama satu tahun enam bulan penjara, dan langsung ditahan di Rutan Cipinang, sejak 28 Januari 2019. Namun di tingkat banding, vonis itu berkurang menjadi satu tahun penjara.

Tak hanya itu, Ayah Al, El, dan Dul ini juga terbelit kasus pencemaran nama baik melalui ujaran 'idiot'. Dalam perkara itu ia divonis 1 tahun penjara oleh Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Surabaya. Namun dalam banding perkara ini hukuman Dhani diringankan oleh hakim menjadi hanya 3 bulan penjara, 6 bulan percobaan. [ray]

Baca juga:
Ahmad Dhani Disebut Sombong dan Arogan, El Tulis Kalimat Menyentuh tentang Sosok Ayah
Pesan Manis Mulan Jameela Untuk Ahmad Dhani di Hari Ayah
Heboh Mulan Jameela Disebut Tampil Bercadar, Dipuji Makin Cantik
Maia Estianty Ungkap Ahmad Dhani Colong Lirik Buatannya di Lagu Risalah Hati
Masa Hukuman Berkurang, Dhani Bakal Bebas Bulan Desember

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini