7 Pasangan calon kepala daerah jalani tes kesehatan di RSUD Moewardi Solo

Sabtu, 13 Januari 2018 22:25 Reporter : Arie Sunaryo
Ilustrasi tes kesehatan. ©2017 Merdeka.com/Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Sebanyak 7 pasangan calon (paslon) kepala daerah Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2018, selesai menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi Solo, Sabtu (13/1). Selanjutnya, hasil tes akan dibahas dalam rapat pleno untuk menentukan layak atau tidak layak paslon pada Senin (15/1) mendatang.

Ketujuh paslon tersebut berasal dari kabupaten Banyumas, Achmad Husain-Sadewo Tri Lastiono dan Marjoko-Ifan Haryanto, dari Kabupaten Magelang, Zaenal Arifin-Edi Cahyono dan M Zaenal Arifin-Rohadi Pratoto. Kemudian dari Kabupaten Temanggung ada 3 paslon, yakni Haryo Dewandono-Irawan Prasetyadi, Muhammad Al Khadzik-Heri Ibnu Wibowo dan Bambang Sukarno-Matoha.

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Dr Moewardi, Ikhwan Hamzah menerangkan, tes kesehatan selama dua hari ini berjalan lancar dan lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. Hasil rekam medis masing-masing paslon bersifat rahasia.

"Setelah rapat pleno hasil tes ini akan diserahkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jateng kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng. Kemudian baru dibagikan kepada KPU di masing-masing daerah," katanya.

Ikhwan menyampaikan, hasil tes kesehatan akan digunakan KPU menentukan apakah paslon dapat melanjutkan tahapan pilkada berikutnya. Tes kesehatan terhadap para paslon meliputi tes narkoba, psikologi, jantung, mata dan mulut. Kemudian dilanjutkan tes kesehatan di laboratorium radiologi, neurologi, paru, THT dan tes kejiwaan.

"Ada 16 dokter spesialis dan subspesialis yang kami libatkan dalam tes kesehatan 2 hari ini," jelasnya.

Al Khadziq, salah satu peserta tes yang juga bakal calon bupati Temanggung mengatakan sesi tes yang paling melelahkan adalah psikotes. Para peserta diwajibkan menjawab sebanyak 600 soal dalam waktu 90 menit.

" Sangat melelahkan, ada 600 soal yang harus kita jawab, kita hanya dikasih waktu 90 menit. Alhamdulillah saya bisa selesai tepat waktu dan saya jawab semua," jelasnya. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Pilkada Serentak
  2. Surakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini