6.538 Hewan Ternak di Kabupaten Bekasi Divaksin PMK, Target 7.500 Ekor

Rabu, 30 November 2022 01:00 Reporter : Enriko
6.538 Hewan Ternak di Kabupaten Bekasi Divaksin PMK, Target 7.500 Ekor Hewan ternak di Bekasi disuntik vaksin PMK ©2022 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Sebanyak 6.538 hewan ternak, seperti sapi, kerbau, dan kambing milik peternak di Kabupaten Bekasi sudah mendapatkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dosis pertama. Jumlah itu mendekati target dari vaksinasi ini sebanyak 7.500 hewan ternak.

Vaksinasi PMK dosis pertama diberikan kepada sapi potong sebanyak 5.229 ekor, sapi perah 62 ekor, kerbau 52 ekor, dan kambing atau domba 1.193 ekor.

"Kami terus melakukan vaksinasi, mudah-mudahan sampai akhir tahun ini tercapai. Jika tidak selesai akhir tahun ya akan kita lanjut sampai target 7.500 vaksinasi PMK itu selesai," kata Kabid Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Dwiyan Wahyudiharto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/11).

Dia mengatakan, hewan ternak yang menjadi sasaran vaksinasi PMK, yakni sapi akseptor, sapi jantan dan betina, kerbau, dan kambing khusus untuk pembibitan.

2 dari 2 halaman

Peternak Diimbau Bersihkan Kandang

Sementara untuk penyembuhan penyakit PMK, lanjut Dwiyan, hewan ternak diberikan beberapa obat, seperti penurun panas, sitrun untuk membersihkan luka, serta obat-obatan rekomendasi dari himpunan dokter hewan.

Dwiyan mengimbau peternak agar terus menjaga kebersihan kandang dengan melakukan penyemprotan disinfektan, serta melakukan pembersihan kuku hewan dengan cairan yang telah direkomendasikan.

"Jadi peternak harus rajin-rajin membersihkan kandang. Alhamdulillah dengan cara seperti itu, hewan ternak mereka sembuh," ungkapnya. [yan]

Baca juga:
DPR Kritik Kementan Tak Kunjung Beberkan Penyebab Wabah PMK Hewan Ternak
Satgas: 3,85 Juta Hewan Ternak Telah Divaksinasi PMK
Pasar Hewan Terbesar di Bali Dibuka, Sapi Belum Vaksin Tidak Dilayani
Satgas: 3,33 Juta Ekor Hewan Ternak Telah Divaksinasi PMK
Hampir Dua Bulan Ditutup Imbas PMK, Pasar Hewan di Bali Kembali Dibuka
Satgas: 2,4 Juta Hewan Ternak Sudah Divaksinasi PMK

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini