598 Narapidana di Riau Dapat Remisi Natal

Selasa, 24 Desember 2019 14:36 Reporter : Abdullah Sani
598 Narapidana di Riau Dapat Remisi Natal Ilustrasi Narapidana. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Perayaan Natal menjadi kebahagiaan tersendiri bagi warga binaan seluruh Lembaga Permasyarakatan dan Rumah Tahanan di Riau. Sebab, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Kantor Wilayah Riau, memberikan remisi alias mengurangi masa tahanan terhadap 598 narapidana.

"Pemberian remisi untuk napi yang merayakannya ini setelah adanya persetujuan dari Kemenkum HAM pusat," ujar Kabag Humas Kemenkum HAM Riau Ecky, Selasa (24/12).

Para napi yang mendapat remisi itu menghuni di sejumlah Lapas dan Rutan di Riau. Di antaranya, napi Lapas Bagansiapi-Api Kelas II A, sebanyak 39 orang, Lapas Bangkinang Kelas II A ada 107 orang, kemudian napi Lapas Kelas II A Bengkalis sebanyak 81 orang.

"Sedangkan napi Lapas Pekanbaru, sebanyak 103 orang napi yang mendapatkan remisi masa tahanan," jelasnya.

Untuk napi Lapas Kelas II A Tembilahan sedikitnya 11 orang, Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian ada sebanyak 70 orang. Sedangkan Lapas Kelas II B Selat Panjang, lebih sedikit dua napi yang mendapat remisi.

"Dari Lapas Kelas II B Taluk Kuantan ada 8 orang dan 2 napi dari Lapas Perempuan Kelas II A. Serta dua orang napi lainnya dari Lapas terbuka kelas III Rumbai," sebut Ecky.

Sedangkan dari Lapas pembinaan khusus anak kelas II Pekanbaru, 12 orang yang mendapatkan remisi. Lalu 76 orang napi dari Rutan kelas I Pekanbaru.

"Selanjutnya 33 orang napi dari Rutan kelas II B Dumai, lalu 26 napi dari Rutan Kelas II B Rengat dan 26 Rutan Kelas II B Siak Siak," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Ecky menyebutkan, pemberian remisi masa tahanan ini karena mereka dinilai telah menunjukkan perubahan positif jauh dari sebelum dipenjara. Sejauh ini, para napi terpantau masih berperilaku baik selama menjalani proses masa tahanan.

"Napi yang diberi remisi ini, karena dinilai berprilaku yang baik dan berubah total selama menjalani masa tahanan. Namun tidak ada yang mendapatkan langsung bebas," tegas Ecky. [ray]

Baca juga:
Pemerintah Siapkan Aturan Baru Pemberian Remisi untuk Koruptor
DPR Sebut Revisi UU Pemasyarakatan Karena KPK Sulit Beri Bebas Bersyarat ke Koruptor

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini