5 Fakta kerusuhan napi di Lapas Palopo

Minggu, 15 Desember 2013 07:05 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Lapas Cibinong. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Kericuhan dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Palopo, Sulawesi Selatan menambah rentetan catatan buruk sistem keamanan Lapas di tanah air. Banyaknya kasus kerusuhan yang dilakukan para penghuni lapas menjadi tolak ukur kurangnya kesigapan Pemerintah dalam meminimalisir pemberontakan para pelaku kejahatan tersebut.

Kericuhan di lapas seolah menjadi trend di lingkungan lapas. Masalah internal keamanan Lapas belum selesai ada lagi kasus kaburnya napi sampai yang paling mencenangkan yakni adanya pabrik pembuatan narkoba di dalam Lapas.

Meski Kementerian Hukum dan HAM melakukan tindakan radikal seperti inspeksi mendadak, nyatanya hal itu tidak memberikan kontribusi efektif dalam menanggulangi persoalan yang menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemerintah.

Terakhir kericuhan terjadi di Lapas Palopo, Sulawesi Selatan. Para napi bertindak anarkis melakukan penyerangan kepada pihak lapas. Berawal dari melempar batu di areal pelantaran aula saat sidak hingga membakar sejumlah kantor di area lapas.

Berikut lima fakta kerusuhan di lembaga pemasyarakatan:

Topik berita Terkait:
  1. Bentrokan Lapas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini