4.445 WNA Tinggal di Tangerang Raya, Terbanyak Berasal dari China

Kamis, 19 September 2019 23:00 Reporter : Kirom
4.445 WNA Tinggal di Tangerang Raya, Terbanyak Berasal dari China belasan WNA ditanggkap. ©2019 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - 4.445 Warga Negara Asing tercatat tinggal dan menetap di wilayah Tangerang Raya (Kabupaten, Kota Tangerang dan kota Tangerang Selatan). WNA yang tinggal di Tangerang rata-rata berasal dari China.

Plt Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang Dodi Karnida mengungkapkan, jumlah itu berdasarkan data yang diperoleh Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, pada sepekan terakhir dari tiga wilayah kota dan kabupaten di Tangerang.

"Jumlah WNA yang terdaftar di kantor imigrasi di wilayah Tangerang Raya itu ada 4.445 WNA. Wilayah Tangerang Raya atau di Banten ini memang mayoritas dari China," kata PLT Kepala Kantor Imigrasi Tangerang Dodi di Balaraja, Kabupaten Tangerang, Kamis (19/9).

Dengan jumlah itu lanjut Dodi, WNA asal Korea Selatan menyumbang angka tertinggi kedua untuk Tangerang raya.

"Umumnya WNA ini bekerja sebagai tenaga ahli, terutama kawasan Kabupaten Tangerang, karena seperti wilayah Cikupa terdapat banyak industri asal China. Ada juga perusahaan Korea Selatan, kemudian India, Malaysia, Jepang dan sebagainya," kata Dodi.

Untuk wilayah Banten sendiri, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang mencatat setidaknya ada 9.285 WNA yang terdaftar sejak pekan lalu.

Dodi menegaskan, jajarannya akan rutin mengadakan pengecekan dan pengawasan kepada WNA yang bertempat tinggal dan bekerja di Tangerang.

Beberapa sanksi tegas pun menghantui WNA yang tidak taat peraturan berupa dokumen dan pelanggaran pidana. "Sanksinya ada dua, ada sanksi administrasi keimigrasian. Detensi dulu ditahan lalu dideportasi dan kita ajukan datanya ke dalam daftar penangkaran untuk blacklist tidak boleh diajukan masuk lagi ke Indonesia," jelas Dodi. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Razia WNA
  2. Tangerang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini