4 Pencuri Uang Rp1,6 Miliar Milik Pemprov Sumut Ditangkap

Selasa, 24 September 2019 21:08 Reporter : Yan Muhardiansyah
4 Pencuri Uang Rp1,6 Miliar Milik Pemprov Sumut Ditangkap Ilustrasi borgol. shutterstock

Merdeka.com - Misteri hilangnya uang Rp1,6 miliar milik Pemprov Sumut mulai terkuak. Polisi dikabarkan telah menangkap 4 di antara 6 tersangka pelaku pencurian itu.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengakui adanya penangkapan terhadap pelaku pencurian uang itu. Namun dia tidak mau merincinya lebih jauh. "Iya ada beberapa (yang ditangkap). Nanti kita ekspose," ucapnya saat dikonfirmasi, Selasa (24/9).

Berdasarkan informasi yang beredar, keempat tersangka ditangkap di kawasan Riau. Keempatnya yakni NS (36), warga Parbuluan, Dairi; NDS (41), warga Bengkalis, Riau; MHS (22), warga Siborong-borong, Humbang Hasundutan; dan IHN (39), warga Medan Helvetia, Medan. Masih ada dua tersangka lain yang diburu petugas. Keduanya yakni T dan P.

MHS dan IHN disebut sebagai residivis kasus pencurian. Dalam penangkapan, IHN ditembak pada bagian kaki. Meski laporan mengenai penangkapan keempat orang itu sudah beredar lengkap dengan kronologinya, namun polisi belum bersedia memberikan pernyataan resmi.

Sementara Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto menolak memberi penjelasan maupun mengonfirmasi penangkapan ini. Dia hanya mengakui adanya perkembangan positif dari penyelidikan kasus itu.

"Kita akan segera ekspos," kata Dadang singkat.

Seperti diberitakan, uang Rp1.672.985.500 yang dikelola Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Setdaprov Sumut hilang dari dalam mobil yang diparkir di halaman Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan, Senin (9/9) sore. Uang untuk pembayaran honor Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) itu baru saja diambil dari Bank Sumut, Jalan Zainul Arifin, Medan.

Dua orang pembawanya, Muhammad Aldi Budianto yang merupakan Penjabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) di BPKAD, bersama seorang tenaga honorer bernama Indrawan Ginting, kemudian meninggalkan uang itu di dalam mobil yang diparkirkan di halaman kantor Gubernur Sumut. Saat mereka kembali lebih dari satu jam berselang, uang itu sudah raib. Kejadian itu pun dilaporkan ke polisi. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini