377 Drum Isi Tanah dan Vegetasi Diamankan Batan dari Area Paparan Radiasi

Jumat, 21 Februari 2020 22:04 Reporter : Kirom
377 Drum Isi Tanah dan Vegetasi Diamankan Batan dari Area Paparan Radiasi Tim Teknisi KBR Brimob cek radioaktif di Batan Indah. ©2020 Merdeka.com/Muhammad Fayyadh

Merdeka.com - Badan Tenaga Nuklir (Batan) menghentikan sementara proses clean up atau pembersihan di area terpapar radiasi zat radioaktif di kawasan Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan. Batan tengah melakukan evaluasi untuk menentukan tindakan lanjutan atas pengerjaan pembersihan lahan terkontaminasi tersebut.

"Kegiatan clean up hari ini dihentikan sementara, guna dievaluasi dulu pekerjaan sebelumnya. Momen ini juga kami gunakan untuk menentukan strategi clean up ke depan yang diharapkan lebih efektif," ujar Suryantoro Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir Batan di Gedung 90 Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan, (21/2).

Sementara berdasarkan hasil mapping yang dilakukan tim Batan dan Bapeten hingga hari ke-8 pengerukan tanah dan vegetasi kemarin, tercatat 377 drum dibawa ke Pusat Teknologi LImbah Radioaktif (PTLR) di kawasan Puspiptek.

"Semua tanah dan vegetasi yang dikumpulkan kemudian akan diolah di PTLR, yang selanjutnya disimpan di tempat penyimpanan limbah radioaktif sementara," katanya.

Menurutnya, sampai hari ke-8 kemarin, tingkat paparan di lapangan sudah mengalami penurunan yang signifikan. Meskipun demikian masih terdapat beberapa titik yang menunjukkan tingkat paparan yang berada di atas ambang batas.

"Untuk itulah hal ini perlu dievaluasi terlebih dahulu kegiatan clean up selama ini dan kita menentukan strategi yang lebih efektif dan efisien agar tingkat paparan segera normal sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan," terang dia

Meskipun masih terdapat titik dengan tingkat paparan yang berada di atas ambang, Heru berharap warga tidak perlu khawatir untuk melakukan aktivitas seperti biasa.

"Semoga proses clean up ini segera selesai dan selanjutnya akan dilakukan remediasi," pungkas Heru. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Nuklir
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini