3 Jenderal bintang lima milik TNI

Jumat, 5 Oktober 2012 13:16 Penulis : Titis Widyatmoko
3 Jenderal bintang lima milik TNI Aksi Teatrikal Adat. merdeka.com

Merdeka.com - 1 Oktober 1997, kediaman mantan Presiden Soeharto di Cendana, Jakarta Pusat kedatangan petinggi-petinggi ABRI (sekarang TNI). Datang antara lain Pangab Jenderal TNI Feisal Tanjung, KSAD Jenderal TNI Wiranto, KSAL Laksamana TNI Arief Nurhayadi, KSAU Marsekal Satria Tubagus dan Kapolri Jenderal Polisi Dibyo Widodo.

Kedatangan mereka untuk memberi anugerah jenderal bintang lima atau jenderal besar kepada Presiden RI saat itu, Soeharto.

Setelah dari Cendana, rombongan bergerak ke kediaman Jenderal purn AH Nasution di Jl Teuku Umar, Jakarta. Penghargaan bintang lima juga diberikan kepada Pak Nas. Baik Pak Nas maupun Pak Harto berbahagia menerima gelar tersebut.

Gelar jenderal bintang lima berikutnya diberikan kepada Panglima Besar Jenderal Sudirman. Gelar diberikan kepada keluarganya pada 2 Oktober 1997 di Yogyakarta. Kapuspen TNI ketika itu dijabat Brigjen TNI Abdul Wahab Mokodongan mengatakan, pangkat ini diberikan kepada putra terbaik bangsa. Dalam pernyataan TNI, jabatan Jenderal besar berbintang lima ini murni keinginan jajaran ABRI dan para sesepuh TNI. Tetapi, sejarawan Patrik Metanasi meragukan hal itu. "Ada dugaan itu adalah keinginan Pak Harto. Tetapi kalau hanya Pak Harto yang dapat dia merasa nanti akan jadi kontroversi sehingga Pak Nas dan Pak Dirman juga mendapat gelar tersebut," katanya.

Menurut ABRI ketika itu, pangkat jenderal besar tersebut, semata-mata bersifat penghargaan dan tidak mengandung konsekuensi wewenang dan tanggung jawab dalam hirarki keprajuritan, serta tidak berkaitan langsung dengan struktur organisasi ABRI. Dengan demikian, kepangkatan tertinggi dalam hirarki keprajuritan dan struktur organisasi ABRI tetap sampai dengan jenderal bintang empat.

Jenderal bintang lima hanya sebagai penghargaan. Dengan kata lain, pangkat jenderal besar bintang lima ini tidak mempunyai rantai komando ataupun wewenang dalam struktur organisasi ABRI. Berikut 3 jenderal besar TNI:

Topik berita Terkait:
  1. HUT TNI
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini