23 Terduga Teroris Diamankan Terkait Kasus Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan

Senin, 18 November 2019 10:01 Reporter : Yan Muhardiansyah
23 Terduga Teroris Diamankan Terkait Kasus Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Bom Medan. ©2019 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Jumlah tersangka kasus bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan bertambah menjadi 23 orang. Dua di antaranya menyerahkan diri di Deli Serdang.

"Sampai saat ini sudah 23 tersangka yang berhasil diamankan. Kemarin 18 sekarang ada tambah lima. Dari lima tersangka yang dua di antaranya menyerahkan diri tadi malam didampingi kepling ke Polsek Hamparan Perak," kata Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Senin (18/11).

Selain dua orang yang menyerahkan diri di Hamparan Perak, tiga orang ditangkap di Medan. Mereka kini ditahan di Rutan Polda Sumut untuk diproses lebih lanjut.

Namun, Agus menolak memaparkan indentitas maupun inisial para tersangka. Dia beralasan, akan ada ekspos menyeluruh yang dilakukan Mabes Polri.

Dari 5 tersangka baru itu, petugas menyita senjata api rakitan, senapan angin, panah dan sangkur. Semua ditemukan saat penggeledahan terhadap tempat tinggal mereka. Sejauh ini belum ditemukan bahan peledak.

1 dari 1 halaman

5 dari 23 Tersangka Perempuan

Di antara total 23 tersangka yang diamankan terdapat 5 orang perempuan. Berbeda dengan tersangka laki-laki, mereka ditahan di Mako Brimob Polda Sumut.

"Penanganannya oleh tim penyidik gabungan Densus 88 dan Polda Sumatera Utara," sebut Agus.

Ditanya tentang yang masih diburu, Agus mengatakan, sejauh ini belum ada. Guru spiritual Rabbial Muslim Nasution alias Dedek (24), terduga pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Rabu (13/11), juga telah diamankan.

"Sementara belum, tapi dari hasil pengembangan siapa pun yang masuk dalam jaringan kelompok ini akan dilakukan upaya untuk memberikan rasa aman kepada warga Sumatera Utara," ucapnya. [ray]

Baca juga:
Teroris Level KW, Belajar Autodidak dan Alami Proses Radikalisasi Personal
Kapolda Sumut Sebut Modus Pelaku Teroris Tinggal di Kontrakan dan Tak Bersosialisasi
Pascabom Bunuh Diri di Polrestabes Medan, 14 Terduga Teroris Ditangkap
Aksi Bom Bunuh Diri karena Kurangnya Kajian Jihad Sesuai Konstitusi
Buya Syafii Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri Penganut Teologi Maut

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini