2 PNS Dishub Kuansing kena OTT Tim Saber Pungli

Senin, 7 Mei 2018 20:36 Reporter : Abdullah Sani
2 PNS Dishub Kuansing kena OTT Tim Saber Pungli Ilustrasi

Merdeka.com - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) melakukan Operasi tangkap Tangan (OTT) terhadap dua Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintahan Kabupaten Kuantan Singingi. Kedua pelaku memungut uang secara liar terhadap masyarakat yang melakukan uji KIR kendaraan.

"Kedua PNS itu inisial AL (50) dan S (35), PNS di Dinas Perhubungan Pemkab Kuansing. Mereka tertangkap tangan melakukan pungli terhadap uji KIR kendaraan," ujar Kapolres Kuantan Singingi AKBP Fibri Karpiananto kepada merdeka.com, Senin (7/5).

Polisi menjerat kedua pelaku dengan asal 12 huruf a JO pasal 12 A ayat (2) UU RI No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tidak pidana korupsi Jo Pasal 55 KUHP.

"Mereka berdua melakukan pungutan uang terhadap pemilik kendaraan yang melakukan pengujian kendaraan (KIR) di kantor Unit Pelaksana Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan. AL dan S ini selaku staf pengujian," kata Fibri.

Dikatakan Fibri, ada 4 dari 9 pemilik kendaraan bermotor yang menumpang uji kenderaan dengan jumlah pungutan sebesar Rp 1.400.000. Uang itu di luar ketentuan yang sudah ditetapkan.

"Biaya yang diminta pegawai itu merupakan gratifikasi dengan cara melakukan pungutan uang kepada pemilik kendaraan yang melakukan pengujian. Lalu masyarakat melapor ke petugas Saber Pungli," kata Fibri.

Dari laporan tersebut, polisi mengintai para pelaku saat memungut biaya ke pemilik kendaraan lain. "Hasilnya, kedua pelaku terjaring OTT dengan barang bukti Rp 1,4 juta yang dipungut mereka," jelas Fibri.

Polisi juga menyita barang bukti lain berupa 6 buah buku uji kendaraan bermotor, 6 surat numpang uji kendaraan, 9 lembar kwitansi pembayaran, 1 buku register uji masuk keluar.

"Saat ini kedua PNS yang telah ditetapkan sebagai tersangka itu ditahan untuk proses hukum selanjutnya," tegas Fibri. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini