100 Ribu Guru Honorer Segera Diangkat Jadi PPPK

Kamis, 23 September 2021 13:08 Reporter : Merdeka
100 Ribu Guru Honorer Segera Diangkat Jadi PPPK Menteri Pendidikan Nadiem Makarim rapat dengan komisi X DPR. ©2021 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengatakan, sebanyak 100 ribu guru honorer telah dinyatakan lulus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 tahap I. Nantinya, daftar nama guru honorer yang lulus akan diumumkan secara resmi oleh Kemendikbud Ristek.

"Saya sampaikan selamat kepada guru honorer yang sudah lulus PPPK 2021 tahap I. Ada 100 ribu yang lulus," katanya dalam rapat kerja Komisi X DPR RI, Kamis (23/9).

Dia menegaskan, 100 ribu guru honorer yang akan diangkat menjadi guru PPPK tersebut baru berdasarkan rekap awal. Angka 100 ribu guru honorer itu, merupakan 30 persen dari total 326.476 formasi yang mendapatkan pelamar.

Nadiem yakin, jumlah guru honorer yang lolos dan akan diangkat menjadi guru PPPK akan terus bertambah pada tes seleksi berikutnya.

"Lebih banyak lagi yang akan diangkat setelah ujian seleksi kedua dan ketiga. Alasannya banyak, mereka tentunya sudah mengetahui (materi) tes yg pertama, tes kedua biasanya akan meningkat," ujarnya.

Menurutnya, formasi yang tersedia pada seleksi berikutnya juga akan lebih banyak, sebab pihaknya terus meyakinkan Pemerintah daerah untuk menyediakan formasi bagi guru PPPK.

“Saat ini, pengolahan data hasil ujian seleksi pertama masih berlangsung dan panitia seleksi nasional masih berembuk untuk memfinalisasi hasil ujian tersebut. "Pengumuman lengkap ujian seleksi pertama dilakukan beberapa hari ke depan," pungkas Nadiem.

Reporter: Delvira Hutabarat/Liputan6.com

Baca juga:
Gerindra Usul Guru Honorer yang Mengabdi Puluhan Tahun Diangkat jadi PPPK Tanpa Tes
Lowongan PPPK Guru Honorer 2022, Salah Satu Syaratnya Wajib S-1
Demokrat Kritik Pengangkatan Guru Honorer Jadi PPPK Harus Melalui Seleksi
Kementerian PANRB Buka Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru 26 September
Melihat Ujian P3 Guru di Depok
Simak Nilai Ambang Batas PPPK Guru dan Jabatan Fungsional
Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi PPPK Guru dan Non-Guru Keluar, Ini Rinciannya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini