Ikuti Jejak BI, Bank BRI Siap Naikkan Suku Bunga

Senin, 26 September 2022 16:31 Reporter : Sulaeman
Ikuti Jejak BI, Bank BRI Siap Naikkan Suku Bunga Bank BRI. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbkk akan melakukan penyesuaian suku bunga mengikuti langkah Bank Indonesia (BI) yang kembali mengerek suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps), dari sebelumnya 3,75 persen menjadi 4,25 persen.

Namun secara teknis, penyesuaian suku bunga kredit tidak bisa dilakukan serta merta begitu suku bunga acuan berubah.

"Hal tersebut dikarenakan oleh berbagai faktor, diantaranya faktor likuiditas serta struktur simpanan dan pinjaman yang berbeda beda antar masing masing bank," ujar Corporate Secretary BRI Aestika Oryza kepada Merdeka.com di Jakarta, Senin (26/9).

Aestika memproyeksikan, kenaikan suku bunga acuan akan menyebabkan peningkatan perebutan dana di masyarakat. Akan tetapi, perebutan dana di masyarakat tidak akan seketat pada saat pertumbuhan kredit mencapai double digit.

Di sisi lain, likuiditas perbankan khususnya BRI saat ini berada dalam kondisi yang memadai. Di mana, pinjaman terhadap simpanan atau loan to deposit ratio (LDR) BRI secara konsolidasian mencapai 88,5 persen pada akhir kuartal II-2022.

Selain itu, BRI memproyeksikan perubahan suku bunga tidak akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan kredit. Mengingat, suku bunga kredit bukan satu-satunya variabel untuk meningkatkan pertumbuhan kredit nasional.

Berdasarkan perhitungan model ekonometrika, variabel paling sensitif atau elastisitasnya paling tinggi terhadap pertumbuhan kredit adalah konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat," ucapnya.

Oleh karenanya, BRI tetap optimistis pertumbuhan target kredit tahun 2022 tetap tercapai. Yakni, berkisar 9 sampai 11 persen secara tahunan (year on year/yoy).

"Sampai dengan saat ini tidak merevisi pertumbuhan yang ditetapkan pada awal tahun. Khusus untuk penyaluran kredit kepada segmen UMKM, kami proyeksikan akan terus tumbuh dengan main driver pada segmen ultra mikro dan mikro," tutupnya. [azz]

Baca juga:
Ekonomi Tengah Bergejolak, Waktunya Beralih ke Investasi Kripto?
Menengok Dampak Kenaikan Suku Bunga ke Bank Syariah
Tak Hanya Bank Indonesia, Ini Sederet Negara Naikkan Suku Bunga Acuan
Pengajuan Kredit Diprediksi Tak Turun Meski Suku Bunga Acuan Naik
Suku Bunga Acuan Bank Indonesia Naik, Suku Bunga Deposito Ikut Naik?
Beban Ganda Masyarakat, Biaya Hidup Mahal dan Cicilan Kredit Bakal Naik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini