Siasat Astra Otoparts Kala Pandemi, Produksi Face Shield dan Safety Google

Kamis, 3 September 2020 16:05 Reporter : Syakur Usman
Siasat Astra Otoparts Kala Pandemi, Produksi Face Shield dan Safety Google astra otoparts. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Menyiasati penurunan penjualan komponen otomotif kala pandemi, PT Astra Otoparts Tbk memproduksi dan menjual produk alat pelindung diri, seperti face shield, face shield kacamata, finger corona, dan safety google.

Bahkan dalam waktu dekat, anak usaha PT Astra International Tbk ini akan menjual produk bernama UV-C Box. Sebuah kotak penyimpanan sekaligus membersihkan barang-barang dari potensi virus berbahaya dengan metode UV-C. Kemudian ada satu produk lagi untuk melindungi dokter gigi saat merawat pasiennya.

"Ini trik-trik kami menjalani bisnis di era kenormalan baru. Kami menjual produk non-otomotif buatan manufaktur Astra Otoparts Grup. Inovasi produk ini datang dari mereka," ujar Rio Sanggau, Chief Executive Marketing Astra Otoparts, dalam diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia, kemarin.

Pandemi Covid-19 memukul bisnis komponen otomotif Astra Otoparts. Di semester I tahun ini, pendapatan usahanya turun 25 persen menjadi Rp 5,6 triliun secara tahunan.

Akibatnya, perusahaan mencatat rugi bersih Rp 296 miliar dari laba Rp 246 miliar di semester I tahun lalu.

Memproduksi dan menjual produk baru di luar otomotif dan terkait protokol kesehatan adalah salah satu siasat Astra Otoparts meningkatkan penjualan untuk mencapai laba di semester berikutnya.

Menurut Rio, pandemi memang membuat penjualan komponen otomotif menurun sehingga kapasitas produksi pabrik kami berlebih seperti pabrik plastik, filter, metal, dan sebagainya. Agar tetap bisa produktif dan bertahan di situasi sulit kala pandemi, mereka melakukan inovasi produksi dengan memproduksi face shield, boks sanitasi, dan sebagainya.

Apalagi kualitas pabrik kami (Astra) dikenal baik sehingga produk-produk itu dapat dijual dan mendapat respons baik dari pasar.

2 dari 2 halaman

Produk Face Shield Merek Aspira Terlaris

penggunaan face shield untuk penumpang kereta jarak jauh
©Liputan6.com/Faizal Fanani

Produk yang paling laris adalah face shield yang menggunakan merek Aspira, bahkan reseller-nya cukup banyak di beberapa marketplace di Indonesia.

"Penjualan face shield kami terus meningkat. Menggunakan merek terkenal Aspira, penjualannya mencapai puluhan ribu unit per bulan," ungkap Rio menjawab Merdeka.com.

Kata Rio, penjualan produk populer face shiled secara tidak langusng juga meningkatkan brand awarenss toko online Astra Otoparts yang bernama AstraOtoshop.com.

Penjualan via online ini memang didorong oleh perusahaan kala pandemi ini. Dan terbukti penjualan online mengalami pertumbuhan signifikan dari sebelumnya.

[sya]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini