Lexus F Division, mobil sport mewah dengan kenyamanan tingkat tinggi

Kamis, 31 Maret 2016 09:52 Reporter : Syakur Usman
Lexus F Division, mobil sport mewah dengan kenyamanan tingkat tinggi Lexus F Division. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Tidak hanya memanjakan dengan performa dan kemewahan, sebagai produser kendaraan premium, Lexus juga dikenal jeli dalam hal memanjakan pelanggannya dengan pilihan model dalam berbagai karakter. Sejalan dengan Pursuit of Perfection, tekad dan semangat Lexus adalah menghadirkan kendaraan kepada pelanggan yang dapat memberikan kesenangan dalam berkendara tanpa mengurangi tingkat kemewahan yang menjadi ciri sebuah Lexus.

Untuk mendapatkan yang terbaik bagi pelanggan, Lexus membangun divisi khusus F yang bertanggung jawab menciptakan mahakarya berperforma tinggi atau sport car. Huruf F diambil dari kata Fuji-speedway, sebuah sirkut di daratan Jepang yang terletak di kaki gunung Fuji. Tempat ini merupakan tempat menempa dan mengembangkan teknologi canggih untuk melahirkan sebuah mobil sport Lexus yang sesuai dengan mimpi para penciptanya. Bahkan desain logo huruf 'F' mengambil salah satu tikungan terkenal di Fuji Speedway.

Telah hadir di Indonesia produk terbaru oleh divisi F adalah Sports Sedan Lexus GS F. Kehadiran GS F melengkapi kendaraan 'F' yang dimiliki Lexus setelah kesuksesan RC F setahun sebelumnya. GS F menggunakan mesin V8 5.000 cc yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 470 Hp dan torsi maksimal 530 Nm yang mulai dirasakan pada putaran mesin 4.800 rpm. Engineer Lexus menerapkan system Oto dan Atkinson Cycle pada mesin agar tercapai performa yang optimal sekaligus menghadirkan efisiensi bahan bakar. Mesin ampuh ini juga ditemani dengan transmisi 8-speed, atau yang pertama di kelasnya.

Lexus F Division ©2016 Merdeka.com

Dalam melahirkan sebuah mobil sport yang tidak hanya mempunyai performa tinggi, tapi sekaligus Fun to Drive, divisi 'F' ini berhasil menggabungkan 3 faktor fundamental yaitu, Sound, Response dan Limitless Power Feel yang menjadikan mobil sport Lexus punya karakter tersendiri. Ini merupakan sebuah keberhasilan yang sempurna divisi F. Dengan segala peranti canggihnya akan meningkatkan kepiawaian si pengemudi, apabila ingin merasakan sensasi mobil balap yang sesungguhnya, pengemudi dapat memilih pengaturan kendaraan agar karakter mobil tersebut berubah.

Lexus hadirkan F yang pertama melalui sedan medium IS F, yang tampil perdana pada Detroit Motor Show di tahun 2006 dan menggemparkan dunia otomotif Sport Luxury. Gebrakan selanjutnya adalah lahirnya LFA, sebuah mobil supercar Lexus di tahun 2009 yang hanya berjumlah 500 unit di dunia, berhasil mengombinasikan keselarasan antara teknologi canggih berperforma tinggi serta suara merdu dari sebuah Supercar.

Untuk menghasilkan nada yang tepat dari mesin serta knalpotnya, Lexus bekerjasama dengan Yamaha Music untuk mendapat pengaturan deru mesin. Dengan menggunakan prinsip amplitudo. Lexus dan Yamaha berhasil mengatur gerakan di setiap pistonnya sehingga menghasilkan daya yang maksimal dan desingan knalpot supercar yang merdu di telinga.

Lexus F Division ©2016 Merdeka.com

Eksterior GS F memiliki desain yang modern dan sporty dan menjadi True 'F' Grand Touring Sedan. Dari tampilan muka, lampu utama menjadi lebih pipih dihiasi dengan tiga buah LED yang mampu memberikan penerangan Low Beam serta Hi-Beam ditemani DRL berbentuk 'L' khas kendaraan Lexus. Spindle Grille semakin terlihat kokoh dengan lapisan krom yang mengelilinginya. Bagian depan GS F semakin terlihat sporty berkat airdam yang besar untuk menampung angin. Tampilan samping semakin menegaskan kesan 'F' dengan pelek 19-inci yang ringan. Buritan pun mengesankan desain sporty dengan rear-combination lamp dengan jet-black plating, serta quad-exhaust yang serasi ditempatkan pada diffuser.

Sementara interior hadirkan atmosfer 'Ultimate F Cockpit' dengan bangku semi-bucket seat serta steering wheel yang sporty. Penumpang dimanjakan dengan layar utama 12.3-inci terbesar di kelasnya, serta audio system Mark Levinson dengan 17-speaker. Seperti RC F yang lebih dulu hadir, GS F pun menggunakan Digital Meter Cluster yang terinspirasi oleh LFA.

Pelanggan Lexus di Indonesia juga dapat menikmati mahakarya divisi F. "Meski dalam jumlah terbatas, Lexus Indonesia sebagai principal, merasa bersyukur karena Lexus International memberikan kesempatan untuk memfasilitasi penikmat mobil Sport Premium di Indonesia dalam memiliki unit IS F dan RC F, dan kini hadir GS F untuk semakin memanjakan para Lexus Enthusiast penggemar sedan sport," kata General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja. [ega]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini