Tak Ada Seleksi, 8 Paskibraka Ini Diprediksi Akan Bertugas saat Upacara 17 Agustus

Minggu, 2 Agustus 2020 20:15 Reporter : Vinna Wardhani
Tak Ada Seleksi, 8 Paskibraka Ini Diprediksi Akan Bertugas saat Upacara 17 Agustus Paskibra Upacara 17 Agustus. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Memasuki bulan Agustus, bendera merah putih mulai dipasang di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini tentu dilakukan untuk menyongsong peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang. Tak seperti peringatan pada tahun-tahun sebelumnya, peringatan 17 Agustus pada tahun ini akan digelar secara berbeda karena pandemi virus corona yang masih merebak.

Salah satu yang terkena dampaknya adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Pada tahun ini seleksi Paskibraka ditiadakan. Hal ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona. Sebagai gantinya, akan ada pasukan terpilih yang akan bertugas saat 17 Agustus mendatang.

Dilansir dari Liputan6, Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asrorun Niam Sholeh, masih terus bungkam terkait siapa saja yang terpilih dan bertugas di upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia.

1 dari 3 halaman

Asal Wilayah

paskibraka nasional 2019 berkunjung ke musium mandiri

©Liputan6.com/Angga Yuniar

Anggota Paskibraka yang terpilih untuk bertugas pada tahun ini akan menjalani diklat selama dua pekan. Kepada Diary Paskibraka, Asrorun masih merahasiakan siapa saja Paskibraka tahun 2019 yang akan kembali bertugas pada tahun ini. Namun begitu, Ia membocorkan dari mana saja asal anggota Paskibraka tersebut. 

"Background dulu. Jawa Timur, Bali, NTB, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Aceh, Sumatera Utara, dan Bengkulu," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Diambil karena Rekam Jejak yang Baik

paskibra upacara 17 agustus

©2020 Merdeka.com

Asrorun juga memberikan bocoran terkait jenis kelamin anggota Paskibraka yang akan terpilih. Ia mengatakan bahwa akan ada 5 laki-laki dan tiga perempuan yang akan bertugas pada upacara 17 Agustus tahun ini. 

"Lima laki-laki dan tiga perempuan," imbuhnya.

Para anggota Paskibraka tahun lalu yang terpilih kembali pada tahun ini diseleksi dari rekam jejaknya selama bertugas. Menurut Asrorun, mereka terpilih lantaran memiliki rekam jejak yang baik.

3 dari 3 halaman

Prediksi Sementara

Melihat dari bocoran yang diberikan oleh Asrorun, terdapat 8 nama yang diprediksi akan terpilih untuk bertugas pada upacara bendera tahun ini. Beberapa di antaranya seperti yang tercantum di bawah ini:

Jawa Timur: Dhea Lukita Andriana, SMA Negeri 1 Ngunut.

Bali: I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata, SMA Negeri 1 Mendoyo

Nusa Tenggara Barat (NTB)  Muhammad Adzan, MAN 2 Kota Bima

Kalimantan Selatan: Muhammad Asri Maulana, SMA Negeri 1 Kandangan

Sulawesi Tenggara: Muhammad Arief Wijaya, SMA Negeri 2 Kendari

DI Aceh: Indrian Puspita Rahmadhani, SMA Negeri 1 Bireuen

Sumatera Utara: Sylvia Kartika Putri, SMA Swasta Kartika 1-4 Pulau Siantar

Bengkulu: Sudrajat Prawijaya, SMA Negeri 4 Rejang Lebong

[vna]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jawa Timur
  3. Jatim
  4. Tren
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini