Penyebab Ambeien Kambuh dan Cara Mengatasinya, Lakukan Hal Ini

Rabu, 18 Mei 2022 14:33 Reporter : Edelweis Lararenjana
Penyebab Ambeien Kambuh dan Cara Mengatasinya, Lakukan Hal Ini Ilustrasi Ambeien. ©Pixabay

Merdeka.com - Pernahkan Anda bertanya-tanya apa penyebab ambeien kambuh lagi padahal Anda sudah mengobatinya? Terlebih jika Anda sudah melakukan segala cara untuk mencegah ambeien datang kembali, baik dengan perubahan pola makan, obat-obatan apotek, hingga obat tradisional tetapi ambeien tetap kambuh lagi.

Ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di rektum atau anus. Meskipun ambeien dapat terjadi karena alasan lain, ambeien secara umum disebabkan oleh peningkatan tekanan pada rektum hingga menghasilkan pembengkakan.

Ambeien biasanya disebabkan oleh peningkatan tekanan karena kehamilan, kelebihan berat badan, atau terlalu mengejan saat buang air besar. Pada usia paruh baya, ambeien seringkali menjadi keluhan yang berkelanjutan.

Jika ambeien terus kambuh, hal ini tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari, bukan? Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui apa saja penyebab ambeien kambuh. Berikut ulasan selengkapnya.

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Ambeien

Mengutip laman health.harvard.edu, ambeien terbagi menjadi dua jenis, yakni ambeien internal yang terjadi di rektum bagian bawah, dan ambeien eksternal yang berkembang di bawah kulit di sekitar anus.

1. Ambeien Internal

Ambeien internal adalah ambeien yang terjadi di dalam rektum. Biasanya, jenis ambeien ini hanya terlihat selama kolonoskopi atau anoskopi. Tetapi dalam kasus yang lebih parah, mereka mungkin prolaps dan menonjol di luar anus. Rektum mengandung sedikit serat nyeri, sehingga ambeien internal mungkin tidak terasa sakit. Ambeien internal dapat menyebabkan gejala, termasuk:

  • Perdarahan rektal
  • Gatal dubur
  • Kebocoran tinja
  • Pembengkakan, rasa penuh, dan tekanan

2. Ambeien Eksternal

Ambeien eksternal terjadi di bawah kulit sekitar anus. Mereka mungkin terlihat seperti benjolan bengkak. Gejala ambeien luar meliputi:

  • Rasa sakit
  • Perdarahan rektal
  • Gatal dubur
  • Pembengkakan dubur
3 dari 4 halaman

Penyebab Ambeien Kambuh

Secara umum, penyebab ambeien dikaitkan dengan sembelit kronis, mengejan saat buang air besar, dan duduk terlalu lama di toilet. Semua hal ini mengganggu aliran darah ke dan dari area tersebut, menyebabkannya menggenang dan memperbesar pembuluh darah. Ini juga menjelaskan mengapa wasir sering terjadi selama kehamilan, ketika rahim yang membesar menekan pembuluh darah.

Terkadang, ambeien yang sudah diobati bisa sembuh namun beberapa waktu kemudian kambuh kembali. Ambeien yang berulang ini tentu menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jika tidak diobati, penyebab ambeien kambuh dapat memburuk dan memerlukan intervensi medis atau bedah.

Meskipun beberapa kondisi medis dapat menyebabkan ambeien, sebagian besar penyebab ambeien kambuh lagi adalah faktor gaya hidup. Penyebab ambeien kambuh yang paling umum di antaranya adalah;

  • Konstipasi kronis atau diare
  • Kelebihan berat
  • Sering angkat berat
  • Kurangnya serat makanan
  • Kehamilan
  • Duduk dalam waktu lama
  • Mengejan saat buang air besar
  • Hubungan seks anal
4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Penyebab Ambeien Kambuh

Berikut adalah beberapa cara mengatasi peyebab ambeien kambuh yang bisa Anda lakukan, dilansir dari hemorrhoidanswers.com;

1. Kontrol makanan

Mengontrol makanan Anda adalah langkah pertama yang penting dalam mencegah ambeien datang kembali. Peningkatan asupan serat makanan dapat membantu meningkatkan pergerakan usus yang sehat dan teratur sekaligus mengurangi sembelit dan diare, yang keduanya dapat menyebabkan peningkatan tekanan di rektum dan menyebabkan ambeien. Memastikan diet Anda memiliki cukup serat tidak larut yang biasanya ditemukan dalam sayuran mentah, biji-bijian, dedak gandum dan buah-buahan dan kacang-kacangan lainnya, dapat membantu mencegah ambeien kembali.

2. Jaga berat badan yang sehat

Cara lain untuk mencegah kambuhnya ambeien adalah dengan mengurangi berat badan yang berlebihan. Obesitas telah terbukti menjadi faktor penyebab ambeien, karena ada peningkatan tekanan pada vena rektum dan anus yang menyebabkan pembengkakan dan peradangan.

3. Hindari mengejan berlebihan

Mengejan berlebihan adalah penyebab lain yang sering dianggap sebagai penyebab ambeien baru atau berulang. Peningkatan tekanan pada rektum dan anus ini dapat menyebabkan ambeien. [edl]

Baca juga:
Penyebab Ambeyen dan Cara Mengatasinya, Baca Lebih Lanjut
Mengenal Ciri-ciri Ambien Sejak Dini, Berikut Penyebabnya
Penyebab Ambeien pada Anak, Ketahui Gejala dan Cara Mengatasinya dengan Segera
Hindari Mengejan Agar Tak Mengalami Wasir
Wasir Bisa Muncul Usai Melahirkan, Walau Begitu Bisa Sembuh dengan Sendirinya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini