Mengenal Robot RAISA, Alat Canggih untuk Bantu Tenaga Medis Merawat Pasien Corona

Selasa, 21 April 2020 15:30 Reporter : Rizka Nur Laily M
Mengenal Robot RAISA, Alat Canggih untuk Bantu Tenaga Medis Merawat Pasien Corona salah bantuan Rp1,2 juta untuk warga dki. ©2020 Merdeka.com/ twitter @musniumar

Merdeka.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berkolaborasi mengembangkan robot. Sejak semula robot yang dirancang kedua perguruan tinggi kebanggaan Jawa Timur itu akan difungsikan untuk membantu pekerjaan tenaga medis dalam perawatan pasien COVID-19 di rumah sakit.

Dikutip dari liputan6.com, pengembangan Robot Medical Assistan ITS-Unair atau yang disingkat Raisa bertujuan untuk mengurangi kontak langsung antara tenaga medis dengan pasien COVID-19. Harapannya, potensi penularan COVID-19 kepada tenaga medis semakin kecil dengan pengoperasian Raisa.

1 dari 4 halaman

Mengirim Berbagai Keperluan Pasien

robot raisa

2020 Merdeka.com/liputan6.com


Selasa pekan lalu (14/4) Raisa telah diserahterimakan kepada pihak Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA). Penyerahan robot itu dilakukan oleh Rektor ITS Prof. Mochamad Ashari di Gedung Pusat Robotika ITS, sebagaimana dikutip dari liputan6.com.

Robot karya dua perguruan tinggi kenamaan itu berguna untuk membantu tenaga medis merawat pasien COVID-19 di RSUA. Raisa didesain bisa mengirimkan berbagai keperluan pasien, mulai dari obat, alat pelindung diri berupa face shield, makanan, dan lain sebagainya.

2 dari 4 halaman

Komunikasi Dua Arah

robot raisa

2020 Merdeka.com/liputan6.com

Tujuan pengembangan Raisa ialah untuk mengurangi kontak langsung antara tenaga medis dengan pasien COVID-19. Sehingga potensi penularan virus corona jenis baru penyebab COVID-19 kepada tenaga medis bisa diminimalisir. Termasuk dapat menghemat penggunaan alat pelindung diri (APD).

Kendatipun demikian, robot yang dikembangkan ITS-Unair ini bisa melakukan komunikasi dua arah. Robot bisa menanyakan keluhan pasien, juga bisa mengambil temperatur.

Robot ini dioperasikan oleh operator dan dilengkapi dengan sensor, sehingga bisa berjalan sesuai arah yang ditentukan, misalnya ke kamar pasien COVID-19 nomor berapa.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Robot Raisa

robot raisa

2020 Merdeka.com/liputan6.com

Dikutip dari berbagai sumber, robot Raisa memiliki tinggi 1,5 meter. Spesifikasi baterainya 0,85 kWh. Robot ini dilengkapi dengan rak bersusun empat yang bisa membawa barang maksimal 50 kilogram.

Selain itu, ada monitor yang berguna untuk komunikasi dua arah antara tenaga medis dengan pasien, yakni menggunakan multimedia.

Pengoperasian Raisa sangat bergantung pada koneksi WiFi. Robot ini digadang-gadang mampu bertahan antara 8-10 jam.

Sementara itu, untuk menjaga robot tetap steril, pengguna harus menyemprotkan cairan disinfektan secara berkala.

4 dari 4 halaman

Harga Robot Raisa

ilustrasi uang

2014 Merdeka.com

Dikutip dari liputan6.com, harga satu unit Robot Raisa berkisar antara Rp 50 hingga Rp 70 juta. Robot ini dirancang oleh tim robot ITS yang pernah menjadi juara di berbagai lomba mancanegara dengan orang-orang handal dari Unair.

Ke depan, fitur untuk Robot Raisa akan terus dilengkapi dengan menggandeng orang-orang medis dari RSUA. Tujuannya, supaya fungsi Robot Raisa dalam membantu perawatan pasien COVID-19 semakin maksimal dan dapat memudahkan kedua belah pihak, yakni pasien dan tenaga medis.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini