Mengenal Minyak Sawit Merah dan Manfaatnya bagi Tubuh, Tingkatkan Kesehatan Otak

Minggu, 30 Mei 2021 10:45 Reporter : Edelweis Lararenjana
Mengenal Minyak Sawit Merah dan Manfaatnya bagi Tubuh, Tingkatkan Kesehatan Otak minyak sawit. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Minyak sawit merah mungkin tidak memiliki banyak peminat seperti minyak tropis populer lainnya seperti minyak kelapa dan minyak alpukat. Tetapi, minyak sawit merah telah berhasil menggaet ketertarikan khusus dari beberapa kalangan.

Minyak sawit merah memiliki warna yang terang mencolok dan aromanya kuat. Minyak sawit merah mungkin bukanlah pilihan pertama bagi kebanyakan orang, namun Anda perlu mengetahui manfaat kesehatan yang terkait dengan minyak ini.

Minyak sawit merah dibuat dari buah pohon kelapa sawit (Elaeis guineensis). Berasal dari Afrika Barat, pohon ini tumbuh di banyak negara tropis termasuk Indonesia dan Malaysia. Dalam keadaan belum diolah, minyak sawit berwarna merah tua karena mengandung beta karoten, pigmen oranye-merah yang memberi warna khas pada wortel.

Minyak sawit merah memiliki rasa dan bau yang menyengat sehingga perlu waktu untuk membiasakan diri. Warna, rasa, dan baunya menjadi alasan mengapa minyak ini tidak disukai banyak orang. Versi yang lebih populer adalah minyak sawit refined, bleached, and deodorized (RBD), banyak dijual di supermarket, karena hambar, tidak berbau, dan berwarna kuning muda.

Berikut beberapa hal menarik yang perlu Anda ketahui mengenai minyak sawit merah beserta manfaat kesehatan yang dikandungnya.

Baca Selanjutnya: Mengenal Minyak Sawit Merah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini