Mengenal Fungsi Buah Bagi Tumbuhan dan Kesehatan Manusia, Baca Lebih Lanjut

Rabu, 24 Maret 2021 10:47 Reporter : Edelweis Lararenjana
Mengenal Fungsi Buah Bagi Tumbuhan dan Kesehatan Manusia, Baca Lebih Lanjut Ilustrasi buah. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/StudioSmart

Merdeka.com - Secara botani, buah adalah bagian dari tumbuhan yang mengandung biji. Buah memiliki kandungan zat gizi yang cukup lengkap seperti protein lemak dan karbohidrat, yang jumlahnya relatif kecil.

Manusia telah mengonsumsi buah sejak zaman purba, dan telah banyak penelitian modern yang menunjukkan manfaat buah bagi kesehatan. Dalam tanaman, buah adalah produk yang tumbuh dari tanaman yang berbunga.

Fungsi buah adalah sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan dan sebagai tempat biji. Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Beraneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas dari keterkaitannya dengan fungsi buah yang paling utama, yakni sebagai pemencar biji.

Secara ilmiah, buah merupakan sumber vitamin dan mineral serta serat. Kandungan vitamin, mineral dan serat yang terdapat dalam buah berfungsi sebagai zat pengatur untuk mencegah terjadinya defisiensi vitamin dan mencegah terjadinya berbagai gejala penyakit seperti sembelit, anemia, penurunan fungsi mata, penurunan sistem imun, dan mencegah munculnya senyawa radikal melalui anti oksidan.

Berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai fungsi buah bagi tumbuhan dan kesehatan manusia yang menarik untuk diketahui.

Baca Selanjutnya: Fungsi Buah Pada Tanaman...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini