Makna Lagu Mengheningkan Cipta, Pahami Lirik dan Sejarahnya

Rabu, 17 Agustus 2022 08:00 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Makna Lagu Mengheningkan Cipta, Pahami Lirik dan Sejarahnya Ilustrasi Upacara Kemerdekaan 17 Agustus. Liputan6 ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Makna lagu mengheningkan cipta memang menjadi salah satu hal yang perlu untuk diketahui oleh setiap orang. Mengheningkan cipta adalah salah satu aktivitas yang dilakukan oleh orang dalam rangka untuk mengenang jasa para pahlawan. Mengheningkan cipta biasanya dilakukan pada upacara bendera.

Pada momen itu akan diputar sebuah lagu yang akan mendukung proses mengheningkan cipta. Liriknya sangat menyentuh hati dan membuat orang yang mendengarkannya akan tersentuh hatinya. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui apa makna lagu Mengheningkan Cipta.

Lagu ini diciptakan oleh Truno Prawit. Pencipta lagu Mengheningkan Cipta tersebut berkeinginan untuk menyampaikan bahwa pahlawan merupakan sosok yang gagah berani dan rela mati demi kemerdekaan Indonesia.

Berikut Merdeka.com rangkum penjelasan tentang makna lagu Mengheningkan Cipta, lengkap dengan lirik dan sejarah yang menyertai lagu tersebut.

2 dari 5 halaman

Lirik Lagu Mengheningkan Cipta

Berikut lirik lagu Mengheningkan Cipta yang perlu untuk Anda ketahui sebelum mempelajari makna lagu Mengheningkan Cipta.

Dengan seluruh angkasa raya memuji

Pahlawan negara

Nan gugur remaja diribaan bendera

Bela nusa bangsa

Kau kukenang wahai bunga putra bangsa

Harga…

Jasa…

Kau cahya pelita

Bagi Indonesia merdeka

3 dari 5 halaman

Makna Lagu Mengheningkan Cipta

Lirik lagu Mengheningkan cipta adalah lirik lagu yang sangat dalam dan menyentuh hati. Tidak jarang orang yang menyanyikan lagu ini ketika sedang mengheningkan cipta akan meneteskan air mata sebagai tanda kesedihan dan rasa syukur atas kemerdekaan yang sudah dirasakan hari ini.

Mengutip dari laman liputan6.com, dalam lirik lagu Mengheningkan Cipta memiliki makna yang sangat dalam. Makna itu sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada para pahlawan yang berjuang dan gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Makna lain dari lagu Mengheningkan Cipta juga mengajarkan supaya rakyat Indonesia senantiasa mengenang para pahlawan dan mengingat sejarah dan menjaga keutuhan bangsa dan negara. Ini merupakan salah satu bentuk syukur dari kemerdekaan Indonesia yang sudah diraih berpuluh-puluh tahun dengan perjuangan bangsa sampai titik darah penghabisan.

Dalam lirik lagu Mengheningkan Cipta, terdapat lirik “Nan gugur remaja diribaan bendera” dan “Bela nusa bangsa”. Kedua lirik tersebut menunjukkan bahwa pahlawan bangsa Indonesia adalah orang yang gugur demi menegakkan bendera negara. Hal itu dilakukan dalam rangka untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yaitu kemerdekaan.

Pada bait terakhir lagu Mengheningkan Cipta, terdapat lirik “Kau cahya pelita” dan “Bagi Indonesia merdeka”. Lirik itu memiliki arti bahwa cahaya adalah lampu yang menerangi. Maksudnya adalah para pahlawan tersebut adalah penerang karena telah memperjuangkan kemerdekaan, dan rakyat Indonesia mampu menuntun negara menjadi negara yang merdeka.

Selain itu, makna yang terkandung dalam lirik lagu Mengheningkan Cipta adalah wujud doa yang dipanjatkan oleh bangsa Indonesia kepada para pahlawan bangsa. Doa tersebut juga bisa sebagai bentuk terima kasih yang sangat mendalam atas jasa-jasa yang diberikan kepada negara.

4 dari 5 halaman

Sejarah Lagu Mengheningkan Cipta

Pencipta lagu ini seperti yang sudah disebutkan di atas adalah Truno Prawit. Truno Prawit merupakan salah satu komposer asal Solo yang lahir pada 1915. Ia juga merupakan seorang yang mengasah kemampuan bermusiknya di Staf Musiek Keraton Surakarta.

Lagu ini adalah lagu yang sangat reflektif dan akan mampu membuat para pendengarnya merinding karena teringat akan perjuangan pahlawan yang tidak ada henti dan pantang menyerah. Lagu Mengheningkan Cipta pertama kali diperdengarkan kepada Presiden Soekarno pada tahun 1958 di Ambon.

Pada waktu itu, Soekarno sedang menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan sekaligus pengumpulan dukungan bagi upaya pembebasan Irian Barat. Sejak saat itulah, Lagu Mengheningkan Cipta dinyanyikan setiap upacara bendera.

Selain itu, lagu Mengheningkan Cipta juga kemudian selalu diputar atau dinyanyikan setiap HUT Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus. Lagu Mengheningkan Cipta menjadi sajian penting yang wajib untuk dinyanyikan untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang sampai titik darah penghabisan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

5 dari 5 halaman

Pemutaran Lagu Mengheningkan Cipta

Lagu Mengheningkan cipta selalu diputar ketika sedang melakukan mengheningkan cipta. Mengheningkan cipta adalah kegiatan berdiam diri untuk merenung, berdoa memikirkan atau mengenang orang-orang yang telah gugur atau terlibat dalam sebuah peristiwa pilu di dalam sejarah.

Mengheningkan cipta dianggap sebagai salah satu bentuk penghormatan. Penghormatan ini ditujukan kepada semua pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan negara. Khususnya pahlawan yang telah meninggal dunia.

Perpaduan sebuah renungan dan diputarkan lagu Mengheningkan Cipta akan menciptakan perasaan syahdu dan sendu. Ini akan menjadi salah satu cara bagi kita untuk menunjukkan rasa bangga dan syukur kita atas kemerdekaan yang telah dicapai oleh bangsa Indonesia.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini