Makanan Kucing Umur 2 Bulan yang Aman Dikonsumsi, Perhatikan dengan Seksama

Kamis, 25 November 2021 16:35 Reporter : Edelweis Lararenjana
Makanan Kucing Umur 2 Bulan yang Aman Dikonsumsi, Perhatikan dengan Seksama makanan kucing. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Memiliki kucing sebagai hewan peliharaan adalah hal yang lumrah. Namun jika Anda kebetulan mendapat bayi kucing berusia 2 bulan tanpa induk, Anda pasti akan bertanya-tanya perihal apa saja makanan kucing umur 2 bulan yang baik untuk diberikan kepadanya. Anda harus memahami bahwa makanan kucing umur 2 bulan sangat penting untuk kesehatan dan perkembangannya.

Untuk itu, Anda tak boleh sembarangan memberinya makanan. Jika Anda ingin kucing usia 2 bulan tersebut memiliki perkembangan yang sehat, penuh energi dan semangat, Anda perlu memberi mereka makan dengan cara yang sehat dan seimbang. Pahami juga apa yang dimaksud dengan pola makan sehat dan seimbang.

Menyapih atau berhenti menyusui biasanya dilakukan saat anak kucing berusia sekitar 6 minggu. Anak kucing kemudian beralih dari diet susu 100% ke diet yang lebih padat. Jika anak kucing tinggal bersama induknya, penyapihan dapat dilakukan secara bertahap selama beberapa minggu. Tetapi jika dipisahkan dari induknya, anak kucing harus dengan cepat beralih ke diet padat 100%.

Karena itu, pada usia 2 bulan, anak kucing biasanya disapih.Jika anak kucing Anda masih minum susu pada usia 2 bulan, susunya harus diganti secara bertahap dengan kibble dry food dan dengan cara inilah Anda menyapih anak kucing yang berusia 2 bulan. Jika anak kucing mengalami kesulitan mengunyah kibble kering, Anda harus membasahinya dengan sedikit air panas agar bisa sedikit melunak.

Lantas, apa saja makanan kucing umur 2 bulan yang boleh diberikan? Berikut ulasan selengkapnya dilansir dari lamanmatou-miaou.com.

2 dari 3 halaman

Makanan Kucing Umur 2 Bulan

Anak kucing yang sedang berada di tahap usia 2 bulan sedang mengalami masa pertumbuhan penuh. Oleh karena itu, mereka memiliki kebutuhan energi, kalsium, protein, vitamin yang cukup tinggi. Disarankan pada Anda sebagai pemilik untuk mulai memberi makan anak kucingnya dengan makanan padat.

Diet BARF (Biologically Appropriate Raw Food) terdiri dari memberi makan kucing dengan makanan yang terutama terdiri dari daging mentah dan disertai dengan nasi, pasta, dan pati atau sayuran. Kucing sebagai hewan karnivora membutuhkan daging, dan menurut profesional kesehatan hewan, ini akan menjadi makanan yang paling cocok untuk tubuh, fisik, dan juga keseimbangan perilaku mereka.

Program BARF sebagai makanan kucing umur 2 bulan merekomendasikan ransum harian 40 hingga 50 gram per kilogram berat kucing tergantung pada tingkat aktivitasnya. Misalnya, untuk kucing muda dengan berat 4 kg, ransum hariannya menjadi 200 gram sedangkan jumlah harian untuk kucing yang lebih tua dan lebih empuk hanya akan menjadi 250 gram. Makanan dapat dibagi menjadi tiga kali dalam sehari.

3 dari 3 halaman

Homemade Food untuk Kucing Umur 2 Bulan

Prinsip makanan buatan sendiri atau homemade terdiri dari meramu makanan untuk anak kucing yang terbuat dari produk atau sisa makanan Anda sendiri atau yang khusus dibeli seperti ikan, sayuran, daging, dll. Namun, ada proporsi yang harus dipatuhi dan produk yang tidak boleh diberikan bagi anak kucing.

Memberi makanan kucing umur 2 bulan dengan bahan-bahan rumahan nyatanya jauh lebih rumit, karena harus mengatur dan menyeimbangkan kebutuhan makanan anak kucing umur 2 bulan. Jika Anda memilih memberi mereka makanan homemade, Anda perlu mengetahui bagaimana memberikan menu dengan keseimbangan yang tepat dari protein, karbohidrat, kalsium, vitamin, mineral setiap harinya.

Inilah sebabnya Anda harus menimbang setiap bahan dan memasaknya dengan cara yang optimal untuk menjaga semua kualitas nutrisinya. Untuk itu disarankan bagi Anda untuk memberi makanan kucing umur 2 bulan dengan makanan kemasan baik dry food atau wet food yang terjual di pet shop, yang sudah pasti aman dan terjamin komposisinya karena di usia 2 bulan, pencernaan dan tingkat toleransi anak kucing masih cenderung tidak stabil.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini