Kisah Warga Banyuwangi Lestarikan Hutan Bakau, Alam Terjaga Dapat Banyak Cuan

Selasa, 23 November 2021 11:00 Reporter : Rizka Nur Laily M
Kisah Warga Banyuwangi Lestarikan Hutan Bakau, Alam Terjaga Dapat Banyak Cuan Momen Ibu Iriana Temani Jokowi Susuri Hutan Mangrove di Bali. ©2021 Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

Merdeka.com - Hutan bakau di kawasan Segara Anakan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP), Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, masih terjaga keasriannya.

Hal ini tak lepas dari kesadaran masyarakat sekitar mengenai pentingnya kelestarian hutan bakau bagi kehidupan.

“Masyarakat sekitar sadar betul perlunya kelestarian hutan bakau itu,” tutur Nyoman Agus, mantan wakil Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Lingkungan 2001, dikutip dari Tabloid Wisata Plus Edisi 21 (7 -21 November 2003).

2 dari 2 halaman

Fungsi Bakau

hutan mangrove blok bedul banyuwangi©2021 Merdeka.com/Dok. Disperpusip Jatim

Kesadaran akan pentingnya hutan bakau bagi ekosistem pesisir dilandasi oleh pengetahuan masyarakat Banyuwangi tentang fungsi hutan tersebut. Akar-akar bakau yang menghujam kuat berfungsi menahan terpaan angin dan ombak laut. Ikan dan udang juga seringkali bertelur di belukar bakau saat air laut pasang.

Sejumlah pencemaran sungai di wilayah sekitar juga bisa diserap dan kembali netral berkat pohon bakau. Boleh dikatakan, hutan bakau memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat pesisir Banyuwangi.

Banyak nelayan yang memanfaatkan Segara Anakan untuk memperoleh rezeki. Mereka tak perlu ke tengah laut untuk menangkap ikan, udang, kepiting, dan kerang.

Saat air pasang, banyak satwa laut yang terbawa masuk ke sungai. Sebaliknya, saat surut, arus balik menuju laut. Ikan-ikan mudah terjerat jala, udang-udang menyelinap di antara akar dan dedaunan yang jatuh di dasar sungai. Udang-udang ini bertelur kemudian menetaskan benur.

Nelayan di sekitar Segara Anakan tidak tergantung pada batang pohon bakau, melainkan lebih kepada fungsi keberadaan dan kelestarian tanaman tersebut.

 

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini