Jadi Juara Dunia Panjat Tebing, Ini Sosok Kiromal Katibin

Selasa, 24 Mei 2022 14:47 Reporter : Astuti Dwi Ramadhani
Jadi Juara Dunia Panjat Tebing, Ini Sosok Kiromal Katibin Kiromal Katibin. ©2022 Merdeka.com/instagram.com

Merdeka.com - Kabar membanggakan kembali datang dari atlet tanah air. Kali ini bukan dari ajang SEA Games 2021, melainkan dari gelaran Piala Dunia Panjat Tebing 2022.

Pasalnya dalam pertandingan yang digelar di Utah, Salt Lake City, Amerika Serikat pada Jumat (20/5) malam, atlet Indonesia Kiromal Katibin sukses menjadi juara dunia. Ia menjadi yang terbaik pada kategori men’s speed.

Kiromal Katibinberhasil meraih emas setelah mengalahkan atlet asal Amerika Serikat, Noah Bratschi. Katibin berhasil finis dengan catatan waktu 5,64 detik.

Sebelumnya, di ajang Climbing World Cup IFSC 2022 di Seoul, Korea Selatan yang digelar pada Jumat (6/5/2022), Kiromal juga berhasil memecahkan rekor dengan memanjat dinding setinggi 15 meter dalam waktu 5,17 detik. Karena hal ini ia pun dinobatkan menjadi manusia tercepat di dunia. Penasaran? Berikut sosok Kiromal Katibin.

2 dari 3 halaman

Lahir di Batang

kiromal katibin
©2022 Merdeka.com/instagram.com

Fakta pertama Kiromal Katibin adalah ia berasal dari Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kiromal Katibin merupakan pria kelahiran Batang, 21 Agustus 2000. Itu artinya, kini usianya baru akan menginjak 22 tahun pada bulan Agustus mendatang.

Awal Karier

kiromal katibin
©2022 Merdeka.com/instagram.com

Kiromal Katibin telah mendalami dunia panjat tebing sejak usia belia. Awalnya, ia melihat olahraga tersebut di alun-alun Batang saat Pra Pekan Olahraga Provinsi (Pra Porprov). Lalu di tahun 2009 ia mulai mendalami hingga berhasil lolos bersama dengan kakaknya. Sejak saat itu dirinya sering berkeliling Indonesia untuk mengikuti perlombaan panjat tebing di berbagai daerah.

3 dari 3 halaman

Berprestasi

kiromal katibin

©2022 Merdeka.com/instagram.com

Telah memulai karier sejak berusia masih sangat muda, tak heran jika kini ia telah menjadi seorang pemanjat tebing profesional. Prestasi yang diraihnya pun telah segudang. Yang paling baru tentu saja menjadi juara dunia di ajang International Federation of Sport Climbing World Cup (IFSC WC) 2022 kategori men's speed yang diadakan di Utah, Salt Lake City, Amerika Serikat dengan waktu 5,65 detik.

Mendominasi Panjat Tebing Dunia

kiromal katibin

©2022 Merdeka.com/instagram.com

Bukan hanya kali ini, Kiromal Katibin memang telah sering menjuarai berbagai kejuaraan internasional panjat tebing. Bisa dibilang ia telah mendominasi dunia panjat tebing internasional. Tak heran jika ia tengah dipersiapkan dengan matang agar dapat meraih emas di ajang Olimpiade 2024. [asr]

Baca juga:
Atlet Menembak Asal Cirebon Raih Emas di SEA Games, Ini Kisah Perjuangannya
Debut di SEA Games & Raih Medali Emas, Ini Potret Apriyani Rahayu & Fadia Silva
Deretan Fakta Rivan Nurmulki, Atlet Voli Andalan Indonesia di SEA Games 2021
Kalahkan Pemain Peringkat 1 Dunia di Uber Cup, Ini 4 Fakta Bilqis Prasista
Lihat Aksi Nikita Fima si 'Putri Duyung', Tanpa Napas Menyelam 137 Meter Bikin Salut

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini