Bacaan Doa Buat Anak Sakit dalam Islam Beserta Artinya, Wajib Tahu

Jumat, 17 Desember 2021 08:01 Reporter : Edelweis Lararenjana
Bacaan Doa Buat Anak Sakit dalam Islam Beserta Artinya, Wajib Tahu Ilustrasi berdoa. ©Shutterstock

Merdeka.com - Bacaan doa buat anak sakit dalam Islam wajib untuk Anda hafalkan agar Anda bisa memanjatkannya untuk meminta kesembuhan dari Allah SWT. Jatuh sakit adalah hal yang normal dalam hidup. Siapa saja bisa sakit, dan terserang berbagai macam jenis penyakit atas kehendak Allah SWT. Tugas kita adalah berikhtiar untuk mencari kesembuhan, dengan cara berobat dan juga berdoa.

Anak yang sakit tentu akan membuat cemas orangtuanya. Baik sakit ringan maupun parah, sudah sepantasnya Anda sebagai umat Islam berdoa untuk meminta kesembuhan dari Allah SWT. Doa buat anak sakit berasal dari doa-doa yang biasa Rasulullah SAW panjatkan baik untuk dirinya sendiri maupun para sahabat.

Berikut adalah bacaan doa buat anak sakit yang bisa Anda lafadzkan, dilansir dari liputan6 dan fiqihmuslim. Semoga apa yang Anda panjatkan dijabah oleh Allah SWT dan semoga segala penyakit yang sedang diderita diangkat pula olehNya.

2 dari 4 halaman

Pentingnya Mensyukuri Nikmat Sehat

Bagi Rasulullah SAW, nikmat sehat dinilai lebih baik daripada nikmat kaya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Tidak mengapa seseorang itu kaya asalkan bertakwa. Sehat bagi orang yang bertakwa itu lebih baik dari kaya. Dan hati yang bahagia adalah bagian dari nikmat." (HR. Ibnu Majah dan Ahmad).

Namun terkadang kesehatan dapat membuat manusia lupa diri. Sehingga ketika ujian berupa sakit datang, barulah mereka mengingat Allah SWT. Jika sudah begitu, banyak doa yang lantas dipanjatkan untuk memohon kesembuhan. Bagi Anda para orangtua yang anaknya sedang sakit, terdapat juga doa-doa yang bisa Anda baca.

Karena pada dasarnya, tidak ada yang mampu memberikan kesembuhan selain Allah SWT seperti yang tertuang dalam ayat berikut; "Dan apabila aku sakit. Dialah (Allah) yang menyembuhkanku." (As Syu’araa: 80).

3 dari 4 halaman

Doa Buat Anak Sakit

Doa buat anak sakit pertama yang selalu Rasulullah SAW panjatkan didasarkan pada hadis dalam riwayat Bukhari dan Muslim dari Aisyah. Berikut bacaannya;

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya: "Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

Dalam riwayat lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah membaca doa berikut ini ketika meruqyah salah seorang sahabat.

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya: "Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau," (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H]).

4 dari 4 halaman

Doa Buat Anak Sakit Lainnya

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ  أَنتَ الشَّافِيء لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabban naas Adzhibil ba’sa Isyfi Antasy syaafi’ Laa syifaa’a illaa syifaa-uk syifaa-an laa yughaadiru saqaman

Artinya: Wahai Allah Tuhan manusia, Hilangkanlah rasa sakit ini, Sembuhkanlah...Engkaulah Yang Maha Penyembuh. Tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari-Mu Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan komplikasi rasa sakit dan penyakit lain.

Doa Buat Anak Sakit Flu dan Batuk

أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ


Asalulallahu 'Azhiim robbul 'arsyil 'szhiim ayyasyfiyak

Artinya: Aku memohon kepada Alloh Dzat Yang Maha Besar, Tuhan Yang Mempunyai Arasy, Yang Maha Besar, smoga Dia berkenan memberi kesembuhan padamu. (HR. Abu Dawud & Tirmidzi).

Doa Buat Anak Sakit Panas Demam

Bismillaahil kabiiri na'uudzu billaahil 'adziimi minsyarri 'irqin na'aarin wa min syarri harrin naari.

Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Agung, kami berlindung kepada Allah yang Maha luhur dari kejahatan urat yang berdarah dan dari kejahatan panasnya api neraka.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini