8 Tempat Wisata Surabaya Terbaru dan Populer, Sayang untuk Dilewatkan

Rabu, 20 April 2022 17:15 Reporter : Edelweis Lararenjana
8 Tempat Wisata Surabaya Terbaru dan Populer, Sayang untuk Dilewatkan Wisata Surabaya. Google©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Rekomendasi tempat wisata Surabaya di bawah adalah beberapa destinasi terpopuler yang wajib untuk dikunjungi. Surabaya merupakan ibukota provinsi Jawa Timur yang juga dikenal dengan julukan Kota Pahlawan. Cukup banyak tempat wisata yang tersedia di kota ini.

Ragam tempat wisata Surabaya pun cukup bervariasi, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi, wisata religi, hingga wisata kuliner. Tak lengkap rasanya jika bertandang ke kota ini tanpa mengeksplor kekayaan wisatanya.

Berikut adalah 8 rekomendasi tempat wisata Surabaya terpopuler yang telah kami pilih secara khusus untuk Anda. Jangan sampai terlewat untuk mengunjunginya, ya!

2 dari 3 halaman

1. Tugu Pahlawan

Tempat wisata Surabaya yang pertama dan wajib untuk Anda kunjungi adalah Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan menyajikan pengalaman wisata sejarah sekaligus edukasi, sehingga cocok untuk didatangi bersama keluarga.

Tugu Pahlawan sendiri adalah sebuah monumen yang dijadikan sebagai lambang utama kota Surabaya. Tugu ini dibangun untuk mengenang orang-orang yang tewas dalam Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945.

Di bawah Tugu Pahlawan, terdapat Museum 10 November yang juga bisa Anda kunjungi. Museum ini memiliki tinggi 41,15 meter dan berbentuk lingga, dan dibangun untuk mewadahi informasi dan pengetahuan mengenai sejarah bangsa.

2. Pantai Ria Kenjeran

Tempat wisata Surabaya yang kedua adalah Pantai Ria Kejeran. Tempat wisata alam yang satu ini juga sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga saat akhir pekan. Pantai ini juga dikenal sebagai satu-satunya pantai di Surabaya.

Selain menawarkan hawa yang sejuk, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan barongsai, berkuda, atau sekadar ngemil dan mengobrol untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat.

Disarankan untuk mengunjungi pantai ini pada sore hari, karena Anda akan disuguhi pemandangan sunset megah nan indah di tengah Gerbang Samudra Klenteng. Jaraknya hanya 20 menit dari pusat kota Surabaya.

3. Jembatan Suramadu

Tempat wisata Surabaya yang ketiga adalah Jembatan Suramadu. Tak lengkap rasanya membahas kota Surabaya tanpa mengingat jembatan ikonik yang satu ini. Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dan Kota Bangkalan, Madura.

Jembatan kabel ini pertama dibuka pada Juni 2009, memiliki panjang 5,4 km, membuatnya menjadi jembatan terpanjang di Indonesia dan jembatan pertama yang melintasi Selat Madura.

Bagian kabel-tinggal memiliki tiga bentang dengan panjang 192 meter (630 kaki), 434 meter (1.424 kaki), dan 192 meter (630 kaki). Jembatan ini memiliki dua jalur di setiap arah ditambah jalur darurat dan jalur khusus sepeda motor di setiap arah.

4. Masjid Laksamana Ceng Ho

Tempat wisata Surabaya yang ke empat adalah Masjid Laksamana Ceng Ho. Ini adalah bagian dari destinasi wisata religi bersejarah yang patut untuk Anda datangi. Sesuai namanya, Masjid Laksamana Ceng Ho memiliki arsitektur Tionghoa yang terkenal dengan relief naga dan patung singa.

Lafaz Allah dengan huruf Arab yang juga terdapat di bangunan masjid ini, dan menjadi ciri khasnya. Masjid ini dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap Laksamana Ceng Ho yang memiliki peranan penting dalam menyebarkan agama Islam di Surabaya.

3 dari 3 halaman

5. Museum Bank Indonesia

Tempat wisata Surabaya yang kelima adalah Museum Bank Indonesia. Selain bersejarah, tempat wisata Museum Bank Indonesia juga merupakan tempat wisata edukatif yang cocok untuk menambah khazanah pengetahuan Anda.

Museum Bank Indonesia didirikan oleh Bank Indonesia dan dibuka pada 27 Januari 2012 setelah restorasi. Museum ini menempati gedung yang dulunya bernama De Javasche Bank, atau Bank Sentral Hindia Belanda.

Setelah Indonesia merdeka gedung De Javasche Bank tetap berfungsi sebagai Bank Indonesia cabang Surabaya hingga tahun 1973. Anda tak perlu membayar biaya masuk saat berkunjung ke museum ini. Menarik bukan?

6. Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Tempat wisata Surabaya yang ke enam adalah Masjid Nasional Al-Akbar. Berlokasi di di samping Jalan Raya Surabaya-Porong, ini adalah destinasi wisata religi yang menarik untuk disinggahi. 

Masjid Al-Akbar atau yang juga dikenal dengan Masjid Agung Surabaya adalah masjid nasional yang merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal di Jakarta dalam hal kapasitas maksimal.

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya memiliki ciri khas berupa kubah vertikal besar, disertai dengan empat kubah biru kecil. Masjid ini juga memiliki menara dengan ketinggian 99 meter, sebuah syair untuk 99 Nama Allah.

7. Kebun Bibit Wonorejo

Tempat wisata Surabaya yang ke tujuh adalah Kebun Bibit Wonorejo. Kebun Bibit Wonorejo adalah tempat wisata alam yang menyejukkan, cocok untuk Anda yang sedang penat dengan kehidupan pekerjaan.

Kebun Bibit Wonorejo memiliki luas sekitar 5.9 hektare. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini. Selain udaranya yang sejuk, Anda juga bisa berswafoto dengan hewan yang ada di kawasan ini, lho.

Area Kebun Bibit Wonorejo juga cocok untuk jogging di area taman, bermain wall climbing, dan senam. Di sini, sudah tersedia toilet umum, water tap yang siap minum, berbagai pilihan jajanan, dan pusatnya bibit tanaman.

8. Surabaya North Quay

Tempat wisata Surabaya yang ke delapan adalah Surabaya North Quay. Surabaya North Quay adalah pelabuhan tempat bersandarnya kapal-kapal pesiar internasional. Hal ini lantas menjadikannya salah satu tourist attraction yang banyak diminati.

Terletak di lantai 2 dan lantai 3 Terminal Gapura Surya Nusantara, Surabaya North Quay juga menyajikan hiburan live musik, wisata kuliner, hingga tempat berkumpulnya komunitas industri kreatif.

Anda bisa berkunjung ke sini untuk sekadar bersantai, menikmati makan malam, sambil melihat pemandangan laut diiringi dengan alunan musik.

[edl]

Baca juga:
Tempat Wisata di Surabaya yang Populer dan Hits, Wajib Dikunjungi Saat Liburan
Ada Sejak 1960-an, Ini 3 Fakta Menarik Nasi Campur Mbah Cikrak yang Legendaris
Pernah Jual Nasi Goreng Rp1.500, Warung di Surabaya Ini Selalu Ramai Pembeli
Potret Rumah 'Mewah' Seram Penuh Misteri, Seluruh Penghuninya Meninggal Secara Ganjil
Ada di Tengah Kota, Begini Keseruan Wisata di Monumen Kapal Selam Terbesar se-Asia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini