Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

60 Kata Bijak Tentang Harta Kekayaan, Jadikan Sebagai Bahan Renungan

60 Kata Bijak Tentang Harta Kekayaan, Jadikan Sebagai Bahan Renungan Ilustrasi perhiasan. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Korolevskaya Nataliya

Merdeka.com - Kata bijak tentang harta kekayaan bisa menjadi bahan renungan bagi kita semua yang selalu sibuk mengejar kepuasan material duniawi. Dengan menyadari hakikat dari harta kekayaan dalam hidup, diharapkan kita semua dapat selalu jujur dan berada di jalan yang benar untuk mendapatkannya.

Harta kekayaan adalah hal pelik yang selalu mengganggu sekaligus membantu kehidupan umat manusia. Apabila tidak dihadapi dan dikelola dengan kepala yang dingin, harta kekayaan dapat membawa banyak mudharat bagi banyak orang di sekelilingnya. Untuk itu, Anda harus bijak saat berhadapan dengannya.

Kata bijak tentang harta kekayaan diharapkan dapat membantu Anda untuk tetap tenang dan rendah diri saat berhadapan dengannya. Berikut kumpulan kata bijak tentang harta kekayaan yang telah kami rangkum dari berbagai sumber, yang bisa Anda bagikan di media sosial.

Kata Bijak Tentang Harta yang Patut Direnungkan

1. "Manfaatkanlah sebagian dari harta kekayaanmu sebelum kamu menjadi miskin."

2. "Kekayaan yang kamu miliki adalah ujian dari Allah, maka berikanlah sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan."

3. "Dunia itu seperti permainan monopoli, kamu sibuk mengejar uang, tapi saat permainan berakhir, tidak ada nilainya."

4. "Setiap umat memiliki ujian dan ujian umatku adalah harta." - Hadis

5. "Makin sedikit harta kekayaan yang kamu miliki, makin sedikit pula yang akan kamu pertanggungjawabkan kelak."

6. "Ilmu itu lebih baik daripada harta karena harta itu harus kamu jaga, sementara ilmu akan menjagamu." - Ali bin Abi Thalib

7. "Jangan habiskan seluruh masa sehatmu hanya untuk mencari kekayaan."

8. "Jangan bersaing dengan orang lain dalam masalah mengumpulkan kekayaan. Bersainglah dengan mereka dalam urusan ibadah."

9. "Sesungguhnya Allah tidak memandang rupa dan harta kalian, akan tetapi Allah memandang hati dan amal perbuatan kalian." - Hadits

10. "Harta itu ujian, bukan kebanggaan. Maka,belanjakanlah di jalan Allah jika kamu ingin selamat."

11. "Aku menyadari bahwa aku adalah tamu di dunia ini. Harta adalah barang pinjaman. Saat aku pulang, semua pinjaman akan kukembalikan."

13. "Harta bisa dibawa mati! Caranya, gunakan untuk kebaikan, seperti sedekah. Maka harta itu akan kita 'bawa mati' sebaga amal kebaikan."- ipphoright

14. "Jangan biarkan harta, uang atau apa pun yang bersifat materi merusak persaudaraan, justru pereratlah persaudaraan tanpa memusingkan harta."

15. "Jika harta kekayaan dan ketinggian status sosial adalah tolok ukur kesuksesanmu, coba periksa kembali, mungkin anutanmu bukanlah Rasulullah, tapi fir’aun dan qarun."

16. "Kesederhanaan membuat kita bisa menikmati kekayaan kita. Pemborosan membuat uang melimpah hilang kenikmatannya."

17. "Rezeki itu tidak identik dengan uang dan harta, karena rezeki yang paling berharga dalam kehidupan adalah kejujuran."

18. "Uang memang tidak menjamin kebahagiaan seseorang. Tetapi, tidak memiliki uang lebih tidak terjamin lagi kebahagiaannya."

19. "Kebahagiaan itu bukan terletak pada kedudukan dan harta, melainkan itu ada pada agama, ilmu, dan budi pekerti."

20. "Kekayaan seseorang tidak diukur dari seberapa banyak harta yang dia miliki, tetapi diukur dari seberapa banyak dia memberi."

Kata Bijak Tentang Harta untuk Motivasi Diri

1. "Kebahagiaan tidak terletak pada harta, penampilan, maupun keindahan dunia. Kebahagiaan berasal dari keikhlasan dan hati."

2. "Hidup tanpa cinta pasti hampa, hidup gila harta pasti celaka, hidup bersyukur dan apa adanya, pasti bahagia."

3. "Warisan yang paling berharga adalah ilmu, bukan harta."

4. "Kebahagiaan itu tidak diukur dari berapa banyak harta yang Anda miliki, tapi seberapa bersyukurnya Anda dengan apa yang Anda miliki sekarang."

5. "Bila memiliki banyak harta, kita akan sibuk menjaga harta. Namun, jika kita memiliki banyak ilmu, maka ilmulah yang akan menjaga kita."

6. "Sedikit orang kaya yang memiliki harta. Kebanyakan harta yang memiliki mereka." - Robert G. Ingersoll

7. "Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Dalam kesempitan hidup ada kekuasaan ilmu."

8. "Harta itu kurang apabila dibelanjakan, tapi ilmu bertambah bila dibelanjakan." - Ali Bin Abi Thalib

9. "Tidaklah berguna uang, harta, dan kebahagiaan kita jika orang-orang di sekeliling kita masih menderita karena teraniaya oleh perilaku kita." - Abdullah Gymnastiar

10. "Terkadang harta membuat orang lupa merasa tinggi hati dan berkuasa. Namun, tak disadari, harta yang digenggamnya itu hanya amanat yang kuasa. Maka, berhati-hatilah dengan harta." - Rhoma Irama

11. "Kekayaan, umur, dan popularitas itu seperti minum dari air lautan yang asin. Makin kau minum, makin haus yang kamu dapatkan."  - Shaykh Ahmad Musa Jibril

12. "Bersedekahlah, karena kain kafanmu nanti tidak memiliki saku yang bisa kau gunakan untuk mengantongi kekayaanmu." - Shaykh Ahmad Musa Jibril

13. "Kekayaan sejati bukan diukur dari banyaknya harta yang kamu miliki, melainkan diukur dari hatimu yang merasa cukup."

14. "Kekayaan terbesar adalah kekayaan jiwa."

15. "Mengikuti hawa nafsu akan melahirkan cinta kepada dunia, cinta kepada dunia akan melahirkan cinta kepada harta dan kedudukan, cinta kepada harta dan kedudukan akan melahirkan sikap menghalalkan segala yang diharamkan oleh Allah." - Wahab bin Munabbih

16. "Kekayaan adalah apa yang kamu infakkan di jalan Allah, bukan apa yang tersimpan di akun rekening Bankmu."

17. "Tidak boleh iri kecuali pada dua orang: (1) yaitu orang yang Allah anugerahkan kekayaan lalu ia infakkan di jalan kebaikan dan; (2) orang yang Allah beri karunia ilmu (Al-Qur’an dan As Sunnah) kemudian ia mengamalkan dan mengajarkannya." - Hadis

18. "Manfaatkanlah lima perkara sebelum datangnya lima perkara: (1) Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, (2) Masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, (3) Masa kayamu sebelum datang masa fakirmu, (4) Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, (5) Masa hidupmu sebelum datang masa matimu." - Hadis

19. "Ketika Allah memberimu nikmat finansial (harta kekayaan), jangan tingkatkan standar hidupmu, akan tetapi tingkatkan standar sedekahmu."

20. "Lebih baik mendapatkan upah sedikit, tapi taat kepada Allah daripada mendapatkan upah besar tapi mempertaruhkan keislaman dan akhiratmu." - Muhammad Abdul jabbar

Kata Bijak Tentang Harta Bermakna Islami

1. "Ketika kita memberi kekayaan, Allah membantu dan memberi kita lebih banyak pahala. Dikatakan oleh seorang sufi bahwa ketika kita mendandani orang miskin dari kekayaan kita, Allah akan mendandani kita di hadapan-Nya."

2. "Dalam Islam, keserakahan tidak dianjurkan. Nabi Muhammad bersabda bahwa ketika seseorang memperoleh kekayaan dengan keserakahan, hal itu tidak akan pernah memuaskannya atau menjadikannya baik. Keserakahan dan keegoisan adalah sifat yang tidak disukai oleh Allah Yang Mahakuasa."

3. "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar." (Q.S Al-Baqarah: 155)

4. "Kekayaan milik seorang yang kikir sama saja tak ada gunanya seperti kerikil." - Ali bin Abi Thalib

5. "Ketika Allah memberimu nikmat finansial (harta kekayaan), jangan tingkatkan standar hidupmu, akan tetapi tingkatkan standar sedekahmu."

6. "Jika kamu ingin kekayaanmu meningkat dan dosa-dosamu diampuni, berikanlah dengan amal." - Muhammad ibn Salih al-'Uthaymeen

7. "Ketika ada uang di tanganmu dan tidak di hatimu, itu tidak akan merugikanmu bahkan jika uang itu banyak; dan jika itu ada di dalam hatimu, itu akan menyakitimu bahkan jika tidak ada di tanganmu." - Ibn Qayyim Al-Jawziyyah

8. "Salurkan kekayaanmu menjadi amal kebaikan yang kelak akan mengikutimu sampai ke akhirat dengan membelanjakannya di jalan Allah. Jika tidak, kekayaan itu yang akan meninggalkanmu saat kamu meninggalkan dunia ini."

9. "Manfaatkanlah sebagian dari harta kekayaanmu sebelum kamu menjadi miskin."

10. "Yang penting bukanlah seberapa banyak yang kita miliki, tetapi seberapa banyak barakah yang ada dari apa yang kita miliki. " - Gohar Mushtaq

11. "Menghabiskan uang untuk satu keluarga juga dianggap sebagai ibadah. Dalam Islam sangat dianjurkan untuk menghabiskan uang untuk keluarga."

12. "Allah dalam Al-Qur'an menyebutkan bahwa kekayaan hanya milik-Nya. Tetapi, siapa yang diberkati dia harus menghabiskan di jalan Allah dan keluarganya dan orang-orang yang membutuhkan."

13. "Saya tidak peduli betapa miskinnya seseorang berpikir dia - jika dia memiliki keluarga yang penuh kasih, dia kaya tak terkira." - Yasir Qadhi

14. "Ilmu itu lebih baik daripada harta karena harta itu harus kamu jaga, sementara ilmu akan menjagamu." - Ali bin Abi Thalib

15. "Allah dalam Al-Qur'an mengatakan bahwa Dia memberkati orang-orang dengan kekayaan, tetapi kekayaan ini tidak boleh berada di antara Allah dan makhluk-Nya. Uang seharusnya tidak membuat manusia melupakan Allah."

16. "Sesungguhnya orang-orang yang kafir, harta benda, dan anak-anak mereka, sedikitpun tidak dapat menolak siksaan Allah dari mereka. Dan mereka itu menjadi bahan bakar api neraka." (Q.S Ali Imran: 10)

17. "Pengeluaran di jalan Allah dicintai oleh-Nya. Karena segala sesuatu termasuk kekayaan kita adalah milik Allah sendiri sehingga kita harus membelanjakannya di jalan-Nya. Allah juga akan memberikan pahala karena membelanjakan uang untuk tujuan-Nya."

18. "Kekayaan dalam Al-Qur'an juga telah dianggap sebagai cobaan bagi umat Islam dan mereka seharusnya tidak mencintai kekayaan lebih dari Allah dan Nabi-Nya."

19. "Allah tidak menentang segala jenis kekayaan. Dia hanya memerintahkan kita untuk tidak melanggar."

20. "Muslim seharusnya tidak mendapatkan kekayaan secara tidak sah atau tidak adil karena itu adalah dosa besar dan menurunkan kekayaan seseorang. Allah menghukum orang yang tidak mendapatkan penghasilan dengan cara yang adil."

(mdk/edl)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
80 Kata-Kata Bijak Berkelas untuk Diri Sendiri, Tanamkan Semangat Buat Hidup Lebih Bermakna
80 Kata-Kata Bijak Berkelas untuk Diri Sendiri, Tanamkan Semangat Buat Hidup Lebih Bermakna

Berikut kumpulan kata-kata bijak berkelas untuk diri sendiri.

Baca Selengkapnya
Kata-Kata Siang Hari Bijak dan Keren, Kekinian dan Cocok Jadi Sapaan untuk Orang Terdekat
Kata-Kata Siang Hari Bijak dan Keren, Kekinian dan Cocok Jadi Sapaan untuk Orang Terdekat

Kumpulan kata siang hari bijak dan keren yang cocok untuk menyapa orang terdekatmu.

Baca Selengkapnya
Kisah Kakek Tukang Becak yang Penghasilannya Tak Sampai Rp50 Ribu Sebulan, Bikin Haru
Kisah Kakek Tukang Becak yang Penghasilannya Tak Sampai Rp50 Ribu Sebulan, Bikin Haru

Begini perjuangan hidup kakek tukang becak yang kini jarang dapat penumpang. Penghasilan tak sampai Rp50 ribu sebulan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
6 Contoh Cerita Lucu Bahasa Jawa tentang Kehidupan yang Bikin Ngakak, Bisa jadi Ide Berbagi Kebahagiaan ke Sahabat
6 Contoh Cerita Lucu Bahasa Jawa tentang Kehidupan yang Bikin Ngakak, Bisa jadi Ide Berbagi Kebahagiaan ke Sahabat

Ketika suntuk dan membutuhkan hiburan, membaca cerita lucu Bahasa Jawa bisa menjadi salah satu ide yang bisa dilakukan.

Baca Selengkapnya
Ini Bukti Bumi Indonesia Berisi 'Harta Karun', Bukit Dikeruk Isinya Batubara Semua
Ini Bukti Bumi Indonesia Berisi 'Harta Karun', Bukit Dikeruk Isinya Batubara Semua

Berikut bukti bahwa Nusantara berisikan 'harta karun' menakjubkan.

Baca Selengkapnya
Cewek Ini Bagikan Momen Wisuda Sendirian Tanpa Kehadiran Orang Tua, Kisah Hidupnya Bikin Haru
Cewek Ini Bagikan Momen Wisuda Sendirian Tanpa Kehadiran Orang Tua, Kisah Hidupnya Bikin Haru

Berikut kisah cewek yang wisuda sendirian tanpa kehadiran orang tuanya.

Baca Selengkapnya
Fakta Menarik Kue Talam Khas Betawi, Usianya 500 Tahun dan Gambarkan Kehidupan Manusia
Fakta Menarik Kue Talam Khas Betawi, Usianya 500 Tahun dan Gambarkan Kehidupan Manusia

Usia kue talam khas Betawi kabarnya sudah 500 tahun, ini fakta menariknya.

Baca Selengkapnya
75 Kata-kata Cinta Beda Agama yang Menyentuh Hati Berisi Pesan Bijak dan Mendalam
75 Kata-kata Cinta Beda Agama yang Menyentuh Hati Berisi Pesan Bijak dan Mendalam

Berikut kata-kata cinta beda agama yang menyentuh hati dan penuh kebijaksanaan.

Baca Selengkapnya
Mengaku Merasa Kesepian Hingga Menangis Jalani Hidup Pasca Menjadi Duda, Desta: Namanya Manusia Ada Up And Down
Mengaku Merasa Kesepian Hingga Menangis Jalani Hidup Pasca Menjadi Duda, Desta: Namanya Manusia Ada Up And Down

Desta menceritakan soal kehidupannya yang kini menyandang status duda. Simak ceritanya berikut ini.

Baca Selengkapnya