6 Wisata di Tulungagung Terpopuler dan Wajib Dikunjungi, Ini Daftarnya

Senin, 5 Desember 2022 13:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Wisata di Tulungagung Terpopuler dan Wajib Dikunjungi, Ini Daftarnya Ilustrasi wisatawan. ©Shutterstock.com/Dudarev Mikhail

Merdeka.com - Wisata di Tulungagung bisa jadi destinasi liburan seru. Tulungagung adalah salah satu kota di Pulau Jawa, tepatnya di selatan Jawa Timur, yang menarik untuk Anda kunjungi. Ya, Tulungagung menyediakan aneka tempat wisata yang dapat menghibur kedatangan Anda di sana. Terlebih, wisata di Tulungagung juga tergolong murah.

Bersama dengan keluarga atau teman melakukan perjalanan wisata di Tulungagung, beberapa tempat wisata di Tulungagung ini wajib untuk Anda sambangi. Mulai dari wisata di Tulungagung yang mudah diakses karena terletak di tengah kota, hingga wisata alam dengan pemandangan indah memanjakan mata, semuanya ada.

Langsung saja, ini dia selengkapnya mengenai 6 rekomendasi wisata di Tulungagung terpopuler yang wajib untuk dikunjungi. Jangan sampai kelewatan!

2 dari 4 halaman

1. Taman Aloon-Aloon Tulungagung

Rekomendasi wisata di Tulungagung yang pertama adalah Taman Aloon-Aloon Tulungagung. Dahulu bernama Taman Kusuma Wicitra, alun-alun kabupaten Tulungagung yang dikenal dengan sebutan Taman Aloon-Aloon ini merupakan icon kota yang ramai dukunjungi warga maupun wisatawan.

Mengutip bappeda.tulungagung.go.id, Taman Aloon-Aloon ini merupakan wisata di Tulungagung standar taman bermain anak-anak dan juga taman olahraga. Aktivitas-aktivitas di Taman Aloon-Aloon cukup beragam, mulai dari untuk sekadar santai, atau untuk melakukan aktivitas lain seperti olahraga, bermain, hingga belajar.

Terletak di Jl. RA Kartini, Kampungdalem, Tulungagung, Taman Aloon-Aloon buka 24 jam dan bebas diakses oleh siapa saja. Terdapat berbagai fasilitas-fasilitas penunjang seperti bangku-bangku, tempat refleksi kaki untuk kesehatan, arena lapang yang cukup luas untuk bermain, hingga arena outbond di dua sudutnya.

2. Taman Hutan Kota Tulungagung

Rekomendasi wisata di Tulungagung yang kedua adalah Taman Hutan Kota Tulungagung. Terletak di Jl. Sultan Agung No.29, Dusun Kedungsingkal, Ketanon, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, taman ini merupakan arena sejuk yang ada di tengah kota.

Wisata di Tulungagung ini cocok untuk disambangi bersama keluarga dan anak-anak, Taman Hutan Kota adalah arena  taman edukatif yang diharapkan dapat bmembawa manfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Tak pernah sepi pengunjung, Taman Hutan Kota dipilih sebagai destinasi wisata favorit lantaran suasana hijau dan menyegarkan yang dimilikinya.

3 dari 4 halaman

3. Ranu Gumbolo Tulungagung

Rekomendasi wisata di Tulungagung yang ketiga adalah Ranu Gumbolo Tulungagung. Ranu Gumbolo adalah destinasi wisata unggulan miliki Tulungagung. Wisata alam yang satu ini menyajikan panorama alam dan keindahan pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Wisata di Tulungagung ini berlokasi di Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo, Tulungagung, Ranu Gumbolo mulai buka sejak pukul 6 pagi hingga 5 sore. Harga tiket masuknya sebesar 6 ribu rupiah untuk hari biasa (weekday) dan 8 ribu rupiah untuk akhir pekan (weekend). Di sini Anda bisa menkmati pemandangan danau berair hijau dikelilingi dengan deretan perbukitan. Cocok sebagai tempat healing!

4. Pantai Kedung Tumpang

Rekomendasi wisata di Tulungagung yang ke empat adalah Pantai Kedung Tumpang. Terletak di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung, pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang layak untuk Anda lihat. Pantai Kedung Tumpang berombak besar lantaran berhadapan langsung dengan Laut Selatan. Sehingga, Anda harus selalu hati-hati.

Anda harus datang di waktu yang tepat dan saat cuaca sedang cerah jika ingin berenang di pantai ini. Perlu juga diperhatikan bahwa akses jalan ke pantai Kedung Tumpang masih belum begitu mulus, sehingga disarankan bagi para pengunjung untuk datang dengan sepeda motor dan alas kaki yang nyaman.

4 dari 4 halaman

5. Pantai Sanggar

Rekomendasi wisata di Tulungagung yang kelima adalah Pantai Sanggar. Pantai yang  terletak di Dusun Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung Gunung, Tulungagung ini merupakan destinasi pantai lain yang bisa menjadi alternatif Anda. Bersinggungan langsung dengan Samudera Hindia, Pantai cantik yang satu ini sering disebut sebagai The Dreamland of Tulungagung.

Pantai Sanggar berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Tulungagung, dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 45 menit hingga 2 jam. Pantai Sanggar adalah destinasi wisata di Tulungagung sebagai pantai favorit yang tengah naik daun. Para kawula muda biasanya berburu sunset atau sunrise di pantai ini. 

6. Alas Kandung Waterfall

Rekomendasi wisata di Tulungagung yang ke enam adalah Alas Kandung Waterfall. Wisata di Tulungagung ini terletak di desa Tanen kecamatan Rejotangan kabupaten Tulungagung sekitar 28 km dari kota Tuluungagung, air terjun ini cocok sebagai tempat untuk melepas penat dan me-refresh pikiran dari penatnya aktivitas sehari-hari.

Harga tiket masuk ke kawasan air terjun cantik ini adalah 5 ribu rupiah per orangnya. Sebagai tempat wisata yang belum banyak dikunjungi, memang belum banyak fasilitas yang tersedia. Namun, ini tentu cocok bagi Anda yang hobi mengeksplorasi destinasi wisata baru dan menemukan keindahan alam yang belum banyak terjamah tangan manusia.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini