5 Manfaat Menyikat Gigi Sebelum Tidur dan Dampaknya Jika Diabaikan, Wajib Tahu

Senin, 19 Oktober 2020 18:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
5 Manfaat Menyikat Gigi Sebelum Tidur dan Dampaknya Jika Diabaikan, Wajib Tahu Ilustrasi sikat gigi. Shutterstock/Valeriy Velikov

Merdeka.com - The American Dental Association merekomendasikan untuk menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluorida selama dua menit setiap kalinya. Saat menyikat gigi, Anda membantu menghilangkan sisa makanan dan plak, lapisan putih lengket yang terbentuk di gigi dan mengandung bakteri. Setelah Anda menyantap makanan atau kudapan yang mengandung gula, bakteri di dalam plak menghasilkan asam yang menyerang enamel gigi.

Akhirnya, asam tersebut bisa merusak enamel gigi, menyebabkan gigi berlubang. Plak yang tidak terangkat juga bisa mengeras menjadi karang gigi, sehingga sulit untuk menjaga kebersihan gigi. Penumpukan tartar di gusi menyebabkan peradangan yang menyebabkan penyakit gusi, melansir dari Mayo Clinic.

Menyikat gigi malam hari sebelum tidur adalah salah satu ritual harian penting yang tidak boleh Anda abaikan. Karena, banyak hal yang dapat terjadi pada mulut dalam waktu delapan jam saat Anda tidur dan bakteri berkumpul di gigi. Terdapat banyak cara untuk menjaga kesehatan mulut saat tidur.

Berikut beberapa manfaat menyikat gigi sebelum tidur yang patut Anda ketahui dan dampaknya apabila diabaikan.

Baca Selanjutnya: Jaga Kesehatan Paru-Paru...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini