Menyikat Gigi Saja Tak Cukup untuk Menjaga Kesehatan Mulut dari Serbuan Penyakit

Selasa, 19 Mei 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Menyikat Gigi Saja Tak Cukup untuk Menjaga Kesehatan Mulut dari Serbuan Penyakit Ilustrasi sikat gigi. Shutterstock/Valeriy Velikov

Merdeka.com - Salah satu gerbang masuknya penyakit ke dalam mulut adalah melalui gigi dan mulut. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang.

drg. Anggi Pratiwi menjelaskan selama pandemi menjaga kebersihan dan kesehatan gigi harus semakin rajin, agar mengoptimalkan kekebalan tubuh. Mulut yang sehat dapat mempertahankan daya tahan tubuh untuk melawan virus dan bakteri.

"Tidak rutin menjaha kesehatan gigi dan mulut akan menyebabkan gusi bengkak, gusi berdarah, serta terjadi gigi berlubang," ujar drg. Anggi beberapa waktu lalu.

Selain itu, kondisi mulut yang tidak sehat dan tidak baik dapat meningkatkan dua sampai 10 kali lipat masuknya bakteri ke dalam aliran darah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat kesehatan mulut dan mencegah terjadinya penyakit gusi adalah dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari secara rutin.

Baca Selanjutnya: Tidak Hanya Sikat Gigi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini