Menyikat Gigi Saja Tak Cukup untuk Menjaga Kesehatan Mulut dari Serbuan Penyakit

Selasa, 19 Mei 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Menyikat Gigi Saja Tak Cukup untuk Menjaga Kesehatan Mulut dari Serbuan Penyakit Ilustrasi sikat gigi. Shutterstock/Valeriy Velikov

Merdeka.com - Salah satu gerbang masuknya penyakit ke dalam mulut adalah melalui gigi dan mulut. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang.

drg. Anggi Pratiwi menjelaskan selama pandemi menjaga kebersihan dan kesehatan gigi harus semakin rajin, agar mengoptimalkan kekebalan tubuh. Mulut yang sehat dapat mempertahankan daya tahan tubuh untuk melawan virus dan bakteri.

"Tidak rutin menjaha kesehatan gigi dan mulut akan menyebabkan gusi bengkak, gusi berdarah, serta terjadi gigi berlubang," ujar drg. Anggi beberapa waktu lalu.

Selain itu, kondisi mulut yang tidak sehat dan tidak baik dapat meningkatkan dua sampai 10 kali lipat masuknya bakteri ke dalam aliran darah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat kesehatan mulut dan mencegah terjadinya penyakit gusi adalah dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari secara rutin.

1 dari 1 halaman

Tidak Hanya Sikat Gigi

drg. Anggi menambahkan sikat gigi menjadi cara paling umum bisa dilakukan untuk menjaga mulut dan gigi tetap sehat. Namun, pada kenyataannya sikat gigi tidak dapat menjangkau seluruh bagian rongga mulut, dan hanya mampu membersihkan 30–53 persen plak pada gigi, sehingga kuman yang ada di dalam mulut tetap tidak tersentuh semuanya.

"Sikat gigi saja tidak cukup, karena waktu yang kurang tepat dan cara menyikat giginya. Yang benar 2 kali sehari menyikat gigi atau setelah makan. Waktu ideal menyikat gigi 3 menit, dengan gerakan dari gusi ke gigi," papar drg. Anggi.

Selain menyikat gigi, drg. Anggi menyarankan untuk menggunakan flosing atau penggunaan benang dalam membersihkan gigi. Lalu membersihkan lidah, karena banyak bakteri yang berserang di lidah. Setelah itu gunakan mouthwash atau obat kumur. di mana berkumur dapat membantu melawan dan melenyapkan sisa–sisa bakteri yang bersarang di mulut, terutama gigi dan gusi.

"Menambahkan berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung 4 essential oil pada rangkaian perawatan mulut secara menyeluruh dapat membantu mengurangi 99 persen kuman dan membuat mulut lebih bersih," tandas drg. Anggi.

Reporter: Anisha Saktian Putri
Sumber: Fimela.com [RWP]

Baca juga:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini