5 Cara Mengatasi Efek Kafein yang Berlebihan pada Tubuh, Wajib Tahu

Jumat, 16 Oktober 2020 12:57 Reporter : Edelweis Lararenjana
5 Cara Mengatasi Efek Kafein yang Berlebihan pada Tubuh, Wajib Tahu Ilustrasi kopi. ©Shutterstock/jannoon028

Merdeka.com - Saat Anda minum terlalu banyak cangkir kopi atau minuman berenergi, tubuh mungkin akan mengalami kegugupan, detak jantung yang tidak teratur, sakit perut, dan efek samping kafein lainnya. Banyak orang mungkin sudah tahu bahwa kafein ditemukan dalam kopi, teh, cokelat, dan soda, tetapi US National Poison Control Center (Pusat Kontrol Racun Nasional AS) melaporkan bahwa Anda mungkin mengonsumsi lebih banyak kafein daripada yang disadari.

Minuman energi, pil kafein, suntikan energi, dan pil diet sering kali mengandung kafein dalam jumlah tinggi. Stimulan ini juga ditambahkan ke makanan tertentu, permen karet, permen mint, air kemasan dan bahkan lip balm.

U.S. Food and Drug Administration (Administrasi Makanan dan Obat A.S) menyampaikan bahwa orang dewasa yang sehat dapat dengan aman mengonsumsi hingga 400 miligram kafein per hari. Ini setara dengan empat atau lima cangkir kopi. Namun, beberapa orang ada yang sensitif terhadap kafein dan mungkin mengalami efek samping bahkan ketika hanya menyesap beberapa teguk.

Mengutip dari livestrong, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai bahaya kelebihan kafein dan bagaimana cara mengatasi kelebihan kafein yang patut Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Dampak Negatif Kelebihan Kafein...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini