Tes Cepat COVID-19 Segera Dilakukan di Jawa Timur, Daerah Terjangkit Jadi Prioritas

Kamis, 26 Maret 2020 19:48 Reporter : Rizka Nur Laily M
Tes Cepat COVID-19 Segera Dilakukan di Jawa Timur, Daerah Terjangkit Jadi Prioritas Alat Tes Cepat Corona. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Pemerintah pusat mendistribusikan alat tes cepat COVID-19 kepada pemerintah daerah. Rabu malam (25/3) sebanyak sepuluh ribu alat tes cepat (rapid test) untuk mendeteksi COVID-19 tiba di Surabaya. Alat tes cepat itu merupakan bantuan dari Pemerintah pusat untuk Provinsi Jawa Timur.

Dikutip dari liputan6.com, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan koordinasi intens dengan Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur untuk menyiapkan skema distribusi alat tes cepat.

Mulai Kamis (26/3), alat tes cepat (rapid test) didistribusikan ke tingkat kabupaten/kota di seluruh Jawa Timur.

1 dari 3 halaman

Daerah Terjangkit Jadi Prioritas

corona di jatim

2020 Merdeka.com/antaranews.com

Gubernur Khofifah menyatakan bahwasanya pendistribusian alat tes cepat COVID-19 dilakukan secara proporsional. Pembagian jumlah alat tes cepat ditentukan berdasarkan kebutuhan setiap daerah. Kota Surabaya sebagai kota dengan kasus positif corona terbanyak di Jawa Timur menjadi perhatian khusus.

Selain Surabaya, beberapa daerah seperti Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Blitar, Kabupaten Magetang, dan Malang Raya juga mendapat sorotan khusus. Pasalnya, daerah-daerah tersebut merupakan daerah terjangkit di mana terdapat kasus positif corona. Keberadaan alat tes cepat (rapid test) COVID-19 ini diharapkan dapat membantu mendeteksi kasus positif corona dalam jangka waktu yang lebih singkat.

2 dari 3 halaman

Daerah dengan Jumlah PDP Terbanyak

ilustrasi corona

2020 Merdeka.com

Alat tes cepat (rapid test) COVID-19 akan didistribusikan ke seluruh rumah sakit rujukan corona di Jawa Timur. Total ada 63 rumah sakit rujukan di berbagai daerah di Provinsi Jawa Timur. Sebagaimana dikutip dari Antara, jumlah alat tes cepat di masing-masing rumah sakit rujukan akan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Selain memprioritaskan pendistribusian alat tes cepat untuk daerah-daerah terjangkit, Pemprov Jatim bersama dengan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim juga memprioritaskan pengiriman alat tes cepat untuk daerah-daerah dengan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) terbanyak.

3 dari 3 halaman

Butuh Lebih Banyak Alat Tes Cepat

alat tes cepat corona

2020 Merdeka.com/liputan6.com

Pendistribusian alat tes cepat (rapid test) COVID-19 untuk masyarakat Jawa Timur dilakukan melalui Dinas Kesehatan di masing-masing kabupaten/kota dan rumah sakit rujukan di daerah yang bersangkutan. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Rumpun Kuratif Gugus Tugas Corona Jatim, dr Joni Wahyuhadi di Surabaya, pada Rabu (25/3).

Joni menyatakan bahwasanya rumah sakit yang merawat pasien positif COVID-19 atau pasien dalam pengawasan (PDP) akan mendapat lebih banyak alat tes cepat. Dikutip dari Antara, dari total 10 ribu alat tes cepat yang diterima Provinsi Jawa Timur, ia menyatakan bahwasanya jumlah itu masih kurang. Dengan demikian, ia berharap Provinsi Jawsa Timur bisa mendapat bantuan tambahan.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini