8 Manfaat Gua Sha atau Terapi Batu Giok ala China, Baik untuk Tubuh dan Wajah

Sabtu, 21 November 2020 15:01 Reporter : Edelweis Lararenjana
8 Manfaat Gua Sha atau Terapi Batu Giok ala China, Baik untuk Tubuh dan Wajah Ilustrasi pijat wajah. © Prevention.com

Merdeka.com - Gua sha adalah praktik kesehatan tradisional dari Asia Timur yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris artinya menjadi "menghilangkan rasa sakit". Gua sha adalah terapi alternatif alami yang melibatkan pengikisan kulit dengan alat pijat untuk meningkatkan sirkulasi. Gua sha dimaksudkan untuk mengatasi energi stagnan yang disebut chi di dalam tubuh yang diyakini oleh para praktisi bertanggung jawab atas masalah peradangan.

Menggosok permukaan kulit dianggap membantu memecah energi ini, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan.Teknik penyembuhan ala China Kuno ini menawarkan pendekatan unik untuk kondisi kesehatan yang lebih baik dan mengatasi masalah seperti nyeri kronis.

Di gua sha, kulit akan dikikis dengan kerokan pendek atau panjang untuk merangsang mikrosirkulasi jaringan lunak, yang meningkatkan aliran darah. Terapis gua sha akan membuat kerokan ini dengan alat bermata halus yang dikenal sebagai alat pijat gua. Praktik gua sha mungkin lebih dikenal dengan istilah kerokan di Indonesia. Dan seiring perkembangan zaman, praktik ini telah diadaptasi dari yang awalnya hanya sebatas perawatan detoksifikasi seluruh tubuh menjadi ritual relaksasi wajah dalam dunia kecantikan.

Gua sha umumnya dilakukan di punggung, bokong, leher, lengan, dan kaki seseorang. Versi lembutnya saat ini digunakan pada wajah sebagai salah satu bagian dari terapi wajah. Gua sha pada wajah bertujuan untuk mempercantik wajah, leher, dan decolletage. Batu giok atau kristal penyembuh akan digunakan secara lembut di seluruh kulit wajah dan sekitarnya untuk mendorong aliran limfatik, meningkatkan sirkulasi, dan menghaluskan serta mengangkat kulit agar lebih kencang.

Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai manfaat gua sha bagi kesehatan tubuh dan wajah, mengutip dari healthline.com dan provinceapothecary.com.

Baca Selanjutnya: Sembuhkan Pembengkakan Payudara & Sakit...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini